Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) INSANI dalam Meningkatkan Potensi Masyarakat Desa Papringan, Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.59841/jai.v3i3.3396Keywords:
KKN INSANI, pemberdayaan masyarakat, Desa Papringan, pengembangan potensi lokal, Tri Dharma Perguruan TinggiAbstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program KKN INSANI (Inovasi dan Solusi untuk Pembangunan Masyarakat) di Desa Papringan, Banyumas. Program difokuskan pada empat bidang utama, yaitu sosial, ekonomi, kesehatan, dan teknologi informasi. Metode yang digunakan mencakup observasi lapangan, diskusi bersama komunitas, pelaksanaan program, serta evaluasi hasil kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan masyarakat dan penguatan kapasitas sumber daya manusia, terutama dalam mengoptimalkan potensi desa melalui kegiatan edukasi, pelatihan, dan inovasi berbasis lokal. Temuan ini menegaskan bahwa program KKN INSANI tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, tetapi juga menjadi media pembelajaran kolaboratif bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan komunikasi, problem solving, dan kepemimpinan sosial. Dengan demikian, program ini berkontribusi terhadap pengembangan desa yang berkelanjutan sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat.
References
Alfin, N., & Utomo, S. P. (2018). Peran Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Pengembangan Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 45–58.
Astuti, N. P. K., Yamin, U., Mariyati, M., Ahmadin, T., Umiati, U., & Sulbia, S. (2025). Peran Mahasiswa Dalam Kuliah Kerja Nyata Sangat Penting Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Desa Parisan Agung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 965–970.
Lasalewo, T., Hariana, H., & Modjo, M. L. (2023). Peran Mahasiswa Kkn Dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Abdimas Terapan, 3(1), 5–10. https://doi.org/10.56190/jat.v3i1.36
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Muharam, I. N., Putri, A. A., Hakim, H., Mustika, A., Tamangunde, A., Surya, M. A., Alfazri, I., Sinduano, S. M., Ghozali, M., & Angga, S. (2025). KKN Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Desa : Optimalisasi UMKM , Pendidikan , dan Lingkungan di Desa Cimenyan. 4(1), 4384–4391.
Nurfadillah, A. R., & S. Lalu, N. A. (2022). Community Empowerment in Building Clean, Healthy and Independent Villages To Realize a Village That Cares for the Environment. JPKM : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 3(1), 76–85. https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i2.13593
Rismansyah, R., Oktaviana Laras Wati, M., Hifdizah, R., Widya, N., Fitriansyah, R., & Arya, R. (2024). Optimalisasi Potensi Desa Melalui Kegiatan Kkn Dengan Pendekatan Sosial, Ekonomi Dan Pendidikan Di Kelurahan Talang Kelapa. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 691–697. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1300
Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Wibowo, A., & Kusuma, D. (2021). Analisis Potensi Ekonomi dan Sosial di Pedesaan Jawa Tengah: Studi Kasus Desa Papringan, Banyumas. Jurnal Pembangunan Daerah, 45–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 jurnal ABDIMAS Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





