Pelatihan Literasi Dana Zis Serta Pengelolaan Lembaga Zakat Kepada Jamaah Pengajian Dan Yayasan

Authors

  • Biki Zulfikri Rahmat Universitas Siliwangi
  • Trisna Wijaya Universitas Siliwangi
  • Dian Friantoro Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i3.166

Keywords:

Ekonomi Islam, Manajemen Zakat, Pemberdayaan Zakat

Abstract

Kebiasaan masyarakat membayar zakat secara langsung semestinya dialihkan melalui Lembaga zakat, agar bisa menghindarkan dari ketergantungan penerima zakat. Pola penyaluran yang bersifat langsung dan individual, zakat hanya berperan sebagai sumbangan yang bersifat karitatif, pasif, tentatif atau tidak rutin dan penggunaan dananya terbatas untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Tetapi kalau dikelola oleh lembaga zakat, maka akan terjamin kepastian dan kedisiplinan membayar zakat dan menjaga perasaan rendah diri para mustahiq. Untuk memberdayakan dana zakat secara optimal, maka diperlukan sebuah lembaga pengelola zakat yang profesional, dan amanah. Sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat. Namun demikian, bahwa salah satu masalah ketidaktercapaian pengumpulan antara harapan potensi dana ZIS dengan realitas yang terjadi di Tasikmalaya adalah, kurangnya sosialisasi, jauhnya akses penyetoran dana ZIS ke Lembaga zakat, penyaluran secara langsung ke mustahik dan ada pula yang masih belum bisa membedakan antara zakat, infaq dan shadaqah. Hal ini pun terjadi di Arjasari Kecamatan Leuwisari Tasikmalaya. Maka solusinya pihak Yayasan Pesantren al Fathonah melakukan kerja sama dalam peningkatan pemahaman para jamaah dengan perguruan tinggi. Materi yang diberikan ialah tentang distribusi harta dalam Islam, perbedaan ZIS, zakat maal dan penghitungannya, lembaga pengelola zakat, dan manajemen ZIS.

References

Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

BAZNAS RI, “Arsitektur Zakat Indoensia, Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional”, Jakarta, 2017.

Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional, “Indeks Literasi Zakat, Teori dan Konsep”, 2019.

Irman Firmansyah, Wawan Sukmana. 2014. Analisis Problematika Zakat Pada BAZNAS Kota Tasikmalaya: Pendekatan Metode Analytic Network Process (ANP). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2 (2), hal. 393.

http://www.imz.or.id/new/news/614/teliti-variabel-variabel-determinan-pembayaran-zakat-di-lembaga-zakat-syaparuddin-raih-doktor/. (Diakses pada tanggal 21 November 2019).

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Biki Zulfikri Rahmat, Trisna Wijaya, & Dian Friantoro. (2023). Pelatihan Literasi Dana Zis Serta Pengelolaan Lembaga Zakat Kepada Jamaah Pengajian Dan Yayasan. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(3), 01–06. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i3.166

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.