PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN HIPERTENSI TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI DAN IBU PKK KELURAHAN TAKERAN, MAGETAN

Authors

  • Andita Nur Wijayanti Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Vidya Kartikaningrum Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Diah Nurcahyani Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.126

Keywords:

Hipertensi, Pemberdayaan masyarakat, Kader kesehatan

Abstract

Permasalahan kesehatan di masyarakat sangat kompleks. Salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang angka kejadian dan komplikasi yang diakibatkannya terus meningkat dari waktu ke waktu. Kondisi tenaga kesehatan yang terbatas membutuhkan keterlibatan Kader kesehatan sebagai pemberdayaan masyarakat agar masyarakat paham tentang Hipertensi. Selain itu, masyarakat tidak rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk mengimplementasikan program berbasis masyarakat yang memfasilitasi masyarakat dalam membentuk kelompok masyarakat peduli Hipertensi dan menambah ilmu, serta perilaku yang baik tentang penatalaksanaan Hipertensi di Kec.Takeran Kabupaten Magetan. Metodologi kegiatan pengabdian ini adalah one group pre post design dengan pelatihan kelompok peduli hipertensi pada penderita hipertensi dan ibu-ibu PKK yang diukur pengetahuan sebelum dan seseudah pelatihan. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner pengetahuan dan pengukuran tekanan darah. Hasil yang dicapai setelah melakukan penyuluhan yaitu mitra dalam hal ini PKK Kelurahan Takeran, Kabupaten Magetan yang mengikuti penyuluhan, memiliki Kader Antihipertensi, serta Pengetahuan mitra dalam hal ini peserta penyuluhan tentang cara pencegahan dan pengendalian hipertensi meningkat sebesar 44,62 % dari 48,88  % menjadi 93,5% setelah mengikuti penyuluhan.

References

Anggraini, D. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Laki-Laki Berusia 40–65 Tahun Di Puskesmas Bitung Barat Kota Bitung. FKM Universitas Sam Ratulang

Bell, K., Twiggs, J., & R. Olin, B. 2015. Hypertension: the Silent Killer: Updated JNC-8 Guideline Recommendations. Alabama Pharmacy Association.

Fandinata, S. septi, & Ernawati, I. (2020). Management terapi pada penyakit degeneratif (diabetes mellitus dan hipertensi) : mengenal, mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif (diabates mellitus dan hipertensi). Graniti.

Jannah, L. M., & Ernawaty, E. (2018). The Relationship of Lifestyle with Hypertension in Bumiayu Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Berkala Epidemiologi, 6(2), 157-165.

Kosasih dan Hassan, I., (2013), Patofisiologi Klinik, Jakarta: Binarupa Aksara Publisher.

Musakkar, & Djafar, T. (2021). Promosi Kesehatan: Penyebab Terjadinya Hipertensi (H. Aulia (ed.)). CV. Pena Persada.

Ozoemena, E. L., etc (2019). Effects of A Health Education Intervention on Hypertension- Related Knowledge, Prevention and Self- care Practices in Nigerian Retirees: A Quasi-Experimental study. Archives of Public Health, 77(1): 116.https://doi.org/10.1186/s13690- 019- 0349-x

PERKI, 2015, Pedoman Tatalaksana Hipertensi pada Penyakit Kardiovaskular, edisi pert., Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Jakarta.

Riskiyah & Ermin R (2021). Pencegahan Penyakit Hipertensi melalui Penyuluhan Kesehatan dan Pelatihan Pengukuran Tekanan darah pada Kader PKK.

Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 4. FKIK UIN Malang

WHO. (2013). A global brief on Hypertension. In A global brief on Hypertension.

Yulanda, G., & Lisiswanti, R. (2017). Penatalaksanaan Hipertensi Primer. Majority Volume 6, 25-33

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Andita Nur Wijayanti, Vidya Kartikaningrum, & Diah Nurcahyani. (2023). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN HIPERTENSI TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI DAN IBU PKK KELURAHAN TAKERAN, MAGETAN. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 198–208. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.126

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.