Penerapan Aplikasi Sederhana E-Katalog UMKM Berbasis APPSHEET Pada Pembangunan UMKM Kelurahan Gedog

Authors

  • Diva Jannati Az Zahra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Arief Bachtiar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kiky Asmara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.105

Keywords:

UMKM, APPSHEET, Pembangunan.

Abstract

Pada  era digital saat ini, perkembangan teknologi seharusnya membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, masih ada masyarakat yang belum menguasai teknologi dan belum mendapatkan manfaat dari kemajuan tersebut. Kemajuan teknologi seharusnya membantu UMKM dalam usahanya. Salah satu platform yang mendukung perkembangan ini adalah Appsheet, yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi seluler, tablet, dan web menggunakan sumber data dari Google Drive, Microsoft 365, dan data berbasis cloud lainnya. Aplikasi ini dapat membantu penjualan melalui tampilan katalog penjualan yang menarik, meningkatkan daya beli produk UMKM. Di Kelurahan Gedog, para pelaku UMKM belum memiliki platform khusus untuk mempromosikan usaha mereka kepada masyarakat sekitar. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat terhadap UMKM cukup rendah karena kurangnya informasi mengenai UMKM yang memenuhi kebutuhan mereka. Jika masyarakat membeli kebutuhan mereka di UMKM sekitar Kelurahan Gedog yang telah memanfaatkan teknologi digital melalui aplikasi E-katalog berbasis Appsheet secara efektif, tentu akan meningkatkan ekonomi dan daya beli masyarakat serta membantu pembangunan ekonomi sekitar.

References

Dewanto, I. Joko. “Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi).” Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006. Diakses melalui Google 30 Desember 20201. https://support.google.com/a/answer/1010 0275?hl=en Heizer, J & Render, B.

Operations Management 7th Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentise Hall.

Mcleod, Raymond. “Management Information System. Seventh Edition.” New Jersey: Prentice Hall. 1998.

Niswonger, C Rollin, E Fess, Philip, and S Warre, Carl. “Prinsip-Prinsip Akuntansi.” Jakarta: Erlangga. 1999.

Prihandi, I. Jilid-1. “Tutorial Google Drive Dan Google Apps.” 19th ed. Yogyakarta: Deepublish. 2017.

Petrović, N., Radenković, M., and Nejković, V. “Data-Driven Mobile Applications Based on AppSheet as Support in COVID-19 Crisis.” In IcETRAN (2020): pp. 1-6.

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. “E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia.” Prosiding SNATIF (2017): 11-16.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Diva Jannati Az Zahra, Arief Bachtiar, & Kiky Asmara. (2023). Penerapan Aplikasi Sederhana E-Katalog UMKM Berbasis APPSHEET Pada Pembangunan UMKM Kelurahan Gedog. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 108–122. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.105

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.