Peningkatan Pengelolaan Promosi UMKM di Banyumas dalam Pameran Kesenian Budaya Peken Banyumasan

Authors

  • Galih Putra Pamungkas Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Gilang Ramadhan Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Aditya Wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.216

Keywords:

Creative, Innovation, MSME

Abstract

Kreativitas sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis UMKM saat ini guna membantu proses pengembangan UMKM kreatif agar lebih bersemangat dalam menciptakan inovasi di masa pandemi ini sehingga akan membantu pertumbuhan ekonomi agar UMKM dapat bertahan. Inovasi bisa berupa menghasilkan produk berkualitas dengan biaya rendah dan teknik penjualan sederhana namun efektif. UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memfasilitasi UMKM dengan berbagai macam cara promosi yang kreatif dan inovatif untuk mempertahankan keberlangsungan usaha. Salah satu cara promosi tersebut adalah lewat partisipasi dalam pameran UMKM. Banyaknya bangunan bersejarah menjadikan Kecamatan Banyumas lokasi yang cocok untuk pelaksanaan pameran UMKM sebagai ruang insan kreatif untuk mengeksplorasi ide, berkarya dan berjejaring. Maka dari itu, sesuai dengan IKU kelima dimana hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, hasil riset yang dilakukan sebaiknya memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar. Target luaran PKMS ini adalah seminar nasional pengabdian masyarakat, jurnal nasional pengabdian masyarakat, media massa, video kegiatan, HKI, dan peningkatan pemberdayaan mitra. PKMS ini diharapkan bisa menghasilkan inovasi dan kreasi yang dapat meningkatkan omset para pelaku usaha UMKM secara kontinu dan tetap menjadi solusi bagi mitra UMKM di tahun – tahun akan datang..

References

Darwanto, D. danuar T. U. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Semarang. Ilmu Ekonomi, 2(4), 1–13.

Merliana, V., & Kurniawan, A. (2016). Pengaruh Strategi Biaya Rendah dan Diferensiasi terhadap Keberhasilan PT Tahu Tauhid. Jurnal Manajemen Maranatha, 15(2), 217–242. https://media.neliti.com/media/public ations/115455-ID-pengaruh-strategi biaya-rendahdan-difer.p

https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/. (2021, 24 September). UMKM Kabupaten Banyumas. Diakses pada 18 Februari 2022, dari https://satudata.dinkopumkm.jatengprov.go.id/data/umkmkabkota/Kabupaten%20Banyumas

Munandar, U. S. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2023). Statistik UMKM Indonesia 2023. Jakarta, Indonesia: Kemenkop UKM RI.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Galih Putra Pamungkas, Gilang Ramadhan, & Aditya Wijayanto. (2023). Peningkatan Pengelolaan Promosi UMKM di Banyumas dalam Pameran Kesenian Budaya Peken Banyumasan. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.216

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.