Pengetahuan Orang Tua Dan Guru Tentang Rasa Percaya Diri Dan Keseimbangan Pada Anak Down Syndrome Di Slb D1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.59841/jai.v3i3.3281Keywords:
pengetahuan, rasa percaya diri, keseimbangan, down syndromeAbstract
Anak dengan Down Syndrome (DS) menghadapi berbagai hambatan perkembangan, baik secara fisik, kognitif, sosial, maupun emosional, sehingga memerlukan layanan khusus. Salah satu masalah utama yang dialami adalah rendahnya keseimbangan akibat hipotonia, kelemahan otot, gangguan postural, serta keterbatasan sistem sensorimotor, yang berimplikasi pada risiko jatuh dan keterlambatan motorik. Selain itu, anak DS juga cenderung mengalami hambatan dalam sosialisasi yang berdampak pada rendahnya rasa percaya diri. Penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat di SLB D1 Surakarta ini dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dan rasa percaya diri melalui intervensi menari di atas landasan dengan berbagai tekstur permukaan serta pemberian buku cerita interaktif. Metode yang digunakan meliputi baseline assessment, sosialisasi, latihan motorik, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test terhadap pengetahuan guru pendamping dan orang tua. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman orang tua dan guru mengenai pentingnya keseimbangan dan rasa percaya diri, dengan capaian pengetahuan baik meningkat dari 57,9% menjadi 89,5%. Selain itu, anak menunjukkan keterlibatan aktif dalam latihan yang menyenangkan, yang diyakini dapat memperbaiki kontrol postural sekaligus memupuk rasa percaya diri melalui pengalaman positif. Dengan demikian, kegiatan menari dan membaca buku cerita bergambar dapat menjadi strategi komplementer yang efektif untuk mendukung tumbuh kembang anak DS secara holistik.
References
Aliyah, N., Anugrah, Y. F., & Enjang, E. (2025). Peningkatan Aspek Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v4i1.30475
Ashar, D. S., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Seni Tari sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4038–4048. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4604
Bahiraei, S., Nasab Firouzjah, E., & Abbaszadeh, A. (2023). Exercise Training to Improve Balance Ability for Individuals with Down Syndrome: A Systematic Review and Meta-analysis. Advances in Rehabilitation, 37(1), 12–22. https://doi.org/10.5114/areh.2023.124256
Billa, Y. S., Rakimahwati, R., Mayar, F., & Yaswinda, Y. (2023). Media Buku Cerita bergambar berbasis inkuiri untuk mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7965–7976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5727
Cahyaningrat, D. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dengan Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Anak Bangsa, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.46306/jas.v3i1.50
Catama, B. V. (2024). : Socialization of Children with Down Syndrome: Developmental, Familial, and Educational Influences – A Narrative Review. International Journal of Rehabilitation and Special Education (IJRSE), 4(2), 28–36. https://doi.org/10.48165/ijrse.2023.4.2.4
Chung, W. K., & Herrera, F. F. (2023). Health supervision for children and adolescents with 16p11.2 deletion syndrome. Cold Spring Harbor Molecular Case Studies, 9(4). https://doi.org/10.1101/mcs.a006316
Illouz, T., Biragyn, A., Iulita, M. F., Flores-Aguilar, L., Dierssen, M., De Toma, I., Antonarakis, S. E., Yu, E., Herault, Y., Potier, M. C., Botté, A., Roper, R., Sredni, B., London, J., Mobley, W., Strydom, A., & Okun, E. (2021). Immune Dysregulation and the Increased Risk of Complications and Mortality Following Respiratory Tract Infections in Adults With Down Syndrome. Frontiers in Immunology, 12(June), 1–20. https://doi.org/10.3389/fimmu.2021.621440
Koch, S. C., Riege, R. F. F., Tisborn, K., Biondo, J., Martin, L., & Beelmann, A. (2019). Effects of Dance Movement Therapy and Dance on Health-Related Psychological Outcomes. A Meta-Analysis Update. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01806
Komalasari, D. R., Kurniahadi, T. H., & Fadhilla, F. (2025). Mengenal Fungsi Kognitif Dan Keseimbangan Postural Tubuh Pada Anak Down Syndrome. Jurnal ABDIMAS Indonesia, Vol. 3 No.
Lei, Z., Yuan, K., Xu, J., Miao, Y., Dai, Y., Wang, J., & Chang, J. (2025). Effects of physical exercises on balance in children with down syndrome: a systematic review and meta-analysis. BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation, 17(1), 165. https://doi.org/10.1186/s13102-025-01222-2
Mangfiroh, R., & Estu Harsiwi, N. (2025). Strategi Pembelajaran Individual Bagi Siswa Tunagrahita Down Syndrome Di Slb Keleyan. Jurnal Media Akademik (Jma), 3(6), 3031–5220.
Medeiros, P., Cardoso, F. L., Cordeiro, P. C., Paiva Vieira, E. de, Silva, W. R. da, & Tamplain, P. (2023). Self-esteem, self-efficacy, and social support mediate the relationship between motor proficiency and internalizing problems in adults: Exploring the environmental stress hypothesis in adulthood. Human Movement Science, 88, 103072. https://doi.org/10.1016/j.humov.2023.103072
Metavia, H. M., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Down Syndrome terhadap Perkembangan Akademik Anak di Indonesia. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(2), 54. https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403
Putri, A. A. R., & Sudarman, S. (2025). Hubungan antara Kemampuan Turn Taking dengan Kemampuan Sintaksis Anak Down Syndrome di Surakarta. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 3(2), 326–335. https://doi.org/10.59686/jtwb.v3i2.177
Raghupathy, M. K., Divya, M., & Karthikbabu, S. (2022). Effects of Traditional Indian Dance on Motor Skills and Balance in Children with Down syndrome. Journal of Motor Behavior, 54(2), 212–221. https://doi.org/10.1080/00222895.2021.1941736
Shakila, R. D., Budiman, A., & Sabaria, R. (2024). Tari Kijang Sebagai Pembelajaran Untuk Anak Down Syndrome Di Sanggar Tari Tri. Ringkang : Kajian Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 4(2), 224–241. https://doi.org/10.17509/ringkang.v4i2.74345
Simaremare, J. A., & Fimansyah, W. (2025). Interaksi Sosial Anak Down syndrome di Panti Asuhan SLB-C Santa Lusia Kota Medan Social Interaction of Down syndrome Children at The SLB-C Santa Lusia Orphanage Medan City. 14, 328–340.
Suryadi, Mulyani, R. R., & Besti Nora Dwi Putri. (2024). Training children’s emotional intelligence through picture storybooks melatih kecerdasan emosi anak melalui buku cerita bergambar. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat LPPM UPGRISBA, 6(Juni), 16–21.
Tama, mulia marita lasutri, & kartika. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Down Syndrome Melalui Media Bermain Peran Di Slb Negeri Sekayu. Communnity Development Journal, 4(4), 7713–7716.
Tama Anugrah, Bernadeta Suhartin, ustinus Sukarmi, & Nurhayati Simatupan. (2023). Literature Review: Bagaimana Kinerja Latihan Core StabilitydalamMeningkatkan KeseimbanganTubuhIndividu Down Syndrome. Urnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 31–42.
Yang, T., Xiao, H., Fan, X., & Zeng, W. (2023). Exploring the effects of physical exercise on inferiority feeling in children and adolescents with disabilities: a test of chain mediated effects of self-depletion and self-efficacy. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1212371
Yulianti, P., & Kemalasari, S. (2023). Efektivitas Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Ciseeng Bogor. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 269–278. https://doi.org/10.46306/jas.v2i2.46
Zolghadr, H., Yahyaei, M., Sedaghati, P., & Ahmadabadi, S. (2025). The impact of exercise interventions on postural control in individuals with Down syndrome: a systematic review and meta-analysis. BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation, 17(1), 35. https://doi.org/10.1186/s13102-025-01096-4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 jurnal ABDIMAS Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





