Pengetahuan Orang Tua Mengenai Latihan Motorik Guna Menjaga Fleksibilitas Dan Efikasi Diri Anak Difabel
Latihan Motorik, Fleksibilitas, Efikasi, Anak Difabel
DOI:
https://doi.org/10.59841/jai.v3i3.3274Keywords:
Latihan Motorik, Fleksibilitas, Efikasi, Anak DifabelAbstract
Anak difabel memiliki kebutuhan khusus akibat adanya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik, sensorik, intelektual, maupun emosional. Salah satu gangguan yang umum adalah gangguan motorik, yang berdampak pada keterbatasan dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Penanganan melalui latihan motorik yang sesuai sangat penting untuk meningkatkan kekuatan otot, koordinasi, fleksibilitas, serta efikasi diri anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di YPAC Surakarta dengan tujuan meningkatkan pengetahuan guru olahraga dan orang tua mengenai pentingnya latihan motorik yang disesuaikan dengan klasifikasi gangguan anak. Metode kegiatan meliputi observasi, penyuluhan, pelatihan langsung, dan evaluasi menggunakan pre-test, post-test, serta monitoring keberlanjutan latihan di rumah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan latihan yang individual dan terstruktur dapat meningkatkan pemahaman pendamping (guru dan orang tua), sekaligus membantu anak difabel mengembangkan potensi fisik dan psikologisnya. Kolaborasi antara pendidik, orang tua, serta tenaga profesional menjadi kunci dalam membentuk anak difabel yang berdaya saing dan berjiwa juara
References
Amania Waqiati, H., Hardjajani, T., & Adi Nugroho, A. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Penyandang Tuna Daksa. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(1). https://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/47
Bishop, J. C., & Pangelinan, M. (2018). Motor skills intervention research of children with disabilities. Research in Developmental Disabilities, 74, 14–30. https://doi.org/10.1016/J.RIDD.2017.11.002,
Delgado-Lobete, L., Montes-Montes, R., Pértega-Díaz, S., Santos-Del-Riego, S., Hartman, E., & Schoemaker, M. M. (2022). Motor performance and daily participation in children with and without probable developmental coordination disorder. Developmental Medicine and Child Neurology, 64(2), 220–227. https://doi.org/10.1111/DMCN.15036,
Dewi Rahmawati, A., Dwi Wibowo, F., Nurrochmah, H., Fitria Noor Baity, H., & Makhmudah,
U. (2022). Efeketivitas Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Sma/Smk: Systematic Literature Review. In Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling (Vol. 3, Issue 2).
Hanssen, B., Peeters, N., De Beukelaer, N., Vannerom, A., Peeters, L., Molenaers, G., Van Campenhout, A., Deschepper, E., Van den Broeck, C., & Desloovere, K. (2022). Progressive resistance training for children with cerebral palsy: A randomized controlled trial evaluating the effects on muscle strength and morphology. Frontiers in Physiology,
13. https://doi.org/10.3389/FPHYS.2022.911162
Hoffmann, M. D., Colley, R. C., Doyon, C. Y., Wong, S. L., Tomkinson, G. R., & Lang, J. J. (2019). Normative-referenced percentile values for physical fitness among Canadians. Health Reports, 30(10), 14–22. https://doi.org/10.25318/82-003-X201901000002-ENG,
Kalkman, B. M., Holmes, G., Bar-On, L., Maganaris, C. N., Barton, G. J., Bass, A., Wright, D. M., Walton, R., & O’Brien, T. D. (2019). Resistance Training Combined With Stretching Increases Tendon Stiffness and Is More Effective Than Stretching Alone in Children With Cerebral Palsy: A Randomized Controlled Trial. Frontiers in Pediatrics, 7(JULY), 333. https://doi.org/10.3389/FPED.2019.00333
Mahmud, B. (2018). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.V12I1.177
Mahmud, B., & Artikel, R. (2023). Peran Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemdidikan, 14(2), 311–320. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2898
Maïano, C., Hue, O., & April, J. (2019). Effects of motor skill interventions on fundamental movement skills in children and adolescents with intellectual disabilities: a systematic review. Journal of Intellectual Disability Research, 63(9), 1163–1179. https://doi.org/10.1111/JIR.12618,
Opi Andriani, Aulia Nada Soraya, Novita Sari, & Andre Gunawan. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 31–41. https://doi.org/10.56910/Pustaka.V4I2.1234
Pan, C. Y., Tsai, C. L., Chu, C. H., Sung, M. C., Ma, W. Y., & Huang, C. Y. (2016). Objectively Measured Physical Activity and Health-Related Physical Fitness in Secondary School- Aged Male Students With Autism Spectrum Disorders. Physical Therapy, 96(4), 511–
520. https://doi.org/10.2522/PTJ.20140353,
Piatt, J., Kang, S., Wells, M. S., Nagata, S., Hoffman, J., & Taylor, J. (2018). Changing identity through sport: The Paralympic sport club experience among adolescents with mobility impairments. Disability and Health Journal, 11(2), 262–266. https://doi.org/10.1016/J.DHJO.2017.10.007
Rayani, D., Luin Najwa, L. ’, & Garnika, E. (2024). Pentingnya Perilaku Responsive Orang Tua dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Kemampuan Mengelola Emosional Pada Anak. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(2), 966–972. https://doi.org/10.36312/JCM.V5I2.3263
Rojas, D. A. C., & Rodríguez, M. A. (2020). Condición física e indicadores de riesgo cardiovascular en población con discapacidad intelectual. Revista Ciencias de La Salud, 18(1), 10–23. https://doi.org/10.12804/revistas.urosario.edu.co/revsalud/A.8736
Setiawati, F. A., & Na’imah, N. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam Paud. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. https://doi.org/10.29062/seling.V6I2.635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 jurnal ABDIMAS Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





