Sosialisasi dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59841/jurai.v3i2.2865Keywords:
education, health, school, socialization, PHBSAbstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah serangkaian tindakan yang diambil untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Di kalangan remaja, perilaku ini menjadi sangat penting mengingat masa remaja merupakan periode transisi di mana kebiasaan hidup sehat dapat terbentuk dan akan berpengaruh terhadapi kesehatan mereka di masa depan. Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) merupakan salah satu tempat yang sangat strategis untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Lingkungan sosial yang terdiri dari remaja dengan berbagai kebiasaan, pengaruh teman sebaya, dan keterbatasan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan memerlukan adanya perhatian khusus agar terhindar dari berbagai masalah khususnya masalah kesehatan. .Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat dengan tahapan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan sikap siswa terhadap pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Program ini diharapkan dapat menjadi model pengabdian masyarakat yang berkelanjutan untuk menjaga kesehatan siswa melalui pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Siswa diharapkan bisa konsisten dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mendukung terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal serta terhidar dari resiko masalah kesehatan.
References
Al-Qudah, M. (2014). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Kesehatan Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2), 58-65.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2018). Laporan Hasil Survei Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Purwati, D R, Bidjuni H, Babakal A. 2014. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Klien Hipertensi Di Puskesmas Bahu Manado. J Keperawatan.;2(2).
Rahmawati, D., & Sari, P. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 112–120. https://doi.org/10.25077/jpm.3.2.112-120.2021
Suryani, E., & Darmawan, F. (2017). Kebiasaan Hidup Sehat pada Remaja: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), 87-93.
World Health Organization (WHO). (2020). Global Recommendations on Physical Activity for Health. Geneva: World Health Organization.
Widyastuti, M., & Nugroho, H. (2018). Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kesehatan Remaja. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 7(2), 109-115.
Zulkarnain, Z. (2015). Pendidikan Kesehatan di Sekolah: Strategi Meningkatkan Kesadaran PHBS pada Siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 jurnal ABDIMAS Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.