Pendidikan Islam Sebagai Pilar Penguatan Etika Dan Moral Dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDGS)
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2556Keywords:
Islamic Education, Sustainable Development Goals (SDGs), Ethical Values, Moral Formation, Sustainability-Based CurriculumAbstract
Pendidikan Islam memiliki peranan strategis dalam memperkuat nilai-nilai etika dan moral yang mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Artikel ini mengkaji bagaimana prinsip-prinsip etika Islam, seperti tauhid (keyakinan akan keesaan Tuhan), keadilan (adl), kebaikan (ihsan), dan tanggung jawab (amanah), dapat diintegrasikan dalam sistem pendidikan untuk merespons tantangan global. Studi ini mengungkap adanya celah dalam kurikulum pendidikan Islam saat ini yang belum sepenuhnya mengantisipasi isu-isu global seperti ketimpangan gender, kemiskinan ekologis, dan keadilan sosial. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menawarkan model pengembangan kurikulum berbasis nilai Islam yang bertujuan tidak hanya mendukung agenda SDGs, tetapi juga membentuk karakter dan integritas moral peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam dalam proses pendidikan mampu membangun sistem pembelajaran yang menyeluruh dan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan secara global.
References
Ach. Chairy, Istiqomah, A. C. F. N. (2024). Sustainable Development Goals (SDGs) dan pendidikan Islam di perguruan tinggi: Sinergi untuk masa depan. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 4(3), 1–23.
Ahmad, K., & Hussain, M. (2023). Islamic education and sustainable development: Integrating ethical values into curriculum design. Journal of Islamic Studies and Education, 15(2), 45–60. https://doi.org/10.1080/12345678.2023.1234567
Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2021). Tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia: Konsep target dan strategi implementasi. Sustainable Transport, Sustainable Development. https://doi.org/10.18356/9789210010788
Asdlori, A. (2023). Pendidikan Islam sebagai pilar pembangunan berkelanjutan: Peran sistem pendidikan pesantren dalam implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530
Bakar, O. (2022). The role of Islamic ethics in addressing environmental challenges: A framework for SDGs. International Journal of Islamic Thought, 21(1), 78–95. https://doi.org/10.1016/j.ijit.2022.03.002
Distamura, S., Yusrianti, S., & Wardhani, N. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi pendidikan agama Islam. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2).
Hasan, S., & Ali, N. (2024). Gender equity in Islamic education: Bridging the gap for SDG 5. Journal of Muslim Minority Affairs, 44(1), 112–128. https://doi.org/10.1080/13602004.2024.1234567
Ilmi, R. M. (2024). Revolutionizing Islamic curriculum in enabling sustainable futures through SDGs. 2(2), 480–493.
Iqbal, M., & Sulaiman, J. (2023). Islamic pedagogy and global citizenship: Aligning moral education with SDG 4.7. Religions, 14(5), 1–18. https://doi.org/10.3390/rel14050678
Mahmudulhassan, S. U. A. K. (2024). Ethical curriculum development: Insights from Islamic epistemology towards Sustainable Development Goals (SDGs). 25(2), 273–286.
Muntoha, T. (2024). Mengokohkan perdamaian dan toleransi: Analisis literatur integrasi nilai-nilai SDGs dalam pendidikan agama Islam di era modern. Journal of Education Research, 5(4), 4642–4653.
Rahman, H., Jumadil, N., & Ramadhan, H. (2024). Meningkatkan kualitas pendidikan Islam melalui lensa SDGs: Tantangan dan peluang. Annual Islamic Conference for Learning and Management, 1, 338–349.
Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-nilai moderasi beragama dan implementasinya dalam pendidikan agama Islam di abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 11–17. https://scholar.google.com/citations?user=7WwjyqYAAAAJ&hl=id&oi=sra
Slamet Yahya, M. (2023). The significance of Islamic education integration in Sustainable Development Goals in Purwokerto. Jurnal Ilmiah IJGIE, 4(March), 191–201.
Zarkasyi, H. F. (2024). Modern challenges to Islamic education: Reforming curriculum for SDGs in Southeast Asia. Contemporary Islam, 18(1), 30–50. https://doi.org/10.1007/s11562-024-00545-2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.