Pendidikan Islam Sebagai Pilar Penguatan Etika Dan Moral Dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDGS)

Authors

  • Yuli Angraeni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nur Sa'adah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Putri Wulandari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2556

Keywords:

Islamic Education, Sustainable Development Goals (SDGs), Ethical Values, Moral Formation, Sustainability-Based Curriculum

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peranan strategis dalam memperkuat nilai-nilai etika dan moral yang mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Artikel ini mengkaji bagaimana prinsip-prinsip etika Islam, seperti tauhid (keyakinan akan keesaan Tuhan), keadilan (adl), kebaikan (ihsan), dan tanggung jawab (amanah), dapat diintegrasikan dalam sistem pendidikan untuk merespons tantangan global. Studi ini mengungkap adanya celah dalam kurikulum pendidikan Islam saat ini yang belum sepenuhnya mengantisipasi isu-isu global seperti ketimpangan gender, kemiskinan ekologis, dan keadilan sosial. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menawarkan model pengembangan kurikulum berbasis nilai Islam yang bertujuan tidak hanya mendukung agenda SDGs, tetapi juga membentuk karakter dan integritas moral peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam dalam proses pendidikan mampu membangun sistem pembelajaran yang menyeluruh dan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan secara global.

References

Ach. Chairy, Istiqomah, A. C. F. N. (2024). Sustainable Development Goals (SDGs) dan pendidikan Islam di perguruan tinggi: Sinergi untuk masa depan. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 4(3), 1–23.

Ahmad, K., & Hussain, M. (2023). Islamic education and sustainable development: Integrating ethical values into curriculum design. Journal of Islamic Studies and Education, 15(2), 45–60. https://doi.org/10.1080/12345678.2023.1234567

Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2021). Tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia: Konsep target dan strategi implementasi. Sustainable Transport, Sustainable Development. https://doi.org/10.18356/9789210010788

Asdlori, A. (2023). Pendidikan Islam sebagai pilar pembangunan berkelanjutan: Peran sistem pendidikan pesantren dalam implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530

Bakar, O. (2022). The role of Islamic ethics in addressing environmental challenges: A framework for SDGs. International Journal of Islamic Thought, 21(1), 78–95. https://doi.org/10.1016/j.ijit.2022.03.002

Distamura, S., Yusrianti, S., & Wardhani, N. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi pendidikan agama Islam. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2).

Hasan, S., & Ali, N. (2024). Gender equity in Islamic education: Bridging the gap for SDG 5. Journal of Muslim Minority Affairs, 44(1), 112–128. https://doi.org/10.1080/13602004.2024.1234567

Ilmi, R. M. (2024). Revolutionizing Islamic curriculum in enabling sustainable futures through SDGs. 2(2), 480–493.

Iqbal, M., & Sulaiman, J. (2023). Islamic pedagogy and global citizenship: Aligning moral education with SDG 4.7. Religions, 14(5), 1–18. https://doi.org/10.3390/rel14050678

Mahmudulhassan, S. U. A. K. (2024). Ethical curriculum development: Insights from Islamic epistemology towards Sustainable Development Goals (SDGs). 25(2), 273–286.

Muntoha, T. (2024). Mengokohkan perdamaian dan toleransi: Analisis literatur integrasi nilai-nilai SDGs dalam pendidikan agama Islam di era modern. Journal of Education Research, 5(4), 4642–4653.

Rahman, H., Jumadil, N., & Ramadhan, H. (2024). Meningkatkan kualitas pendidikan Islam melalui lensa SDGs: Tantangan dan peluang. Annual Islamic Conference for Learning and Management, 1, 338–349.

Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-nilai moderasi beragama dan implementasinya dalam pendidikan agama Islam di abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 11–17. https://scholar.google.com/citations?user=7WwjyqYAAAAJ&hl=id&oi=sra

Slamet Yahya, M. (2023). The significance of Islamic education integration in Sustainable Development Goals in Purwokerto. Jurnal Ilmiah IJGIE, 4(March), 191–201.

Zarkasyi, H. F. (2024). Modern challenges to Islamic education: Reforming curriculum for SDGs in Southeast Asia. Contemporary Islam, 18(1), 30–50. https://doi.org/10.1007/s11562-024-00545-2

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Yuli Angraeni, Herlini Puspika Sari, Nur Sa’adah, & Putri Wulandari. (2025). Pendidikan Islam Sebagai Pilar Penguatan Etika Dan Moral Dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDGS). IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 287–293. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2556

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.