Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri 122332 Pematang Siantar

Authors

  • Nove Ismarita Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Pdt.Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.585

Keywords:

Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Abstract

Pembelajaran ialah prosedur penerimaan serta pemahaman, keahlian seorang yang dilaksanakan satu turunan kegenerasi selanjutnya melewati pengajaran, penataran pembibitan ataupun riset. pembelajaran serta semacam pengalaman berlatih yang aktif dalam seluruh kawasan serta sepanjang hidup. Dalam suatu pembelajaran adanya interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yanng meliputi antara guru dengan siswa yang saling bertukar informasi. Setiap pembelajaran yang dilakuakan terdapat sebuah aktivitas yang amat berarti serta patut dilakoni oleh seluruhnya susunan rakyat berlimpah atau miskin, karena pemerintah telah menyediakan beasiswa bagi rakyat yang kurang mampu untuk melanjutkan sekolahnya hingga tingkat perguruan tinggi agar memiliki pengertahuan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sekolah maupun ditengah-tengah masyarakat. Pemerintah bahkan telah memberikan pendidikan gratis 12 tahun sebagai wujud keseriusan pemerintah menjalankan program harus melatih diri 12 tahun mulai dari SD, SMP, serta SMA/SMK.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara. 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bloom, Benjamin S. 1956, et. al, Taxonomy of educational Objective, Handbook I: Cognitive Domain New York:David McKay

Berlin Sani, Imas Kurniasih. 2015, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. CV. Solusi Distribusi: Kata Pena.

Darinda Sofia Tanjung. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar

Depag. 2005, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktorat

Jenderal Kelembagaan Agama Islam

Eliana Yunitha Seran. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas III SD

Fathurrohman, Muhammad. 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Jogjakarta: AR-Ruzz Media

Fina Dwi Utami. 2022. Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Tema Tubuhku di Kelas 1 SD Negeri 106842 Taban

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Istirani dan Intan Pulungan. 2017, Ensiklopedi Pendidikan. Medan:Media Persada

Jaya, KD. Putra, dkk, Model Pembelajaran Picture And Picture Berpengaruh Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Gugus Budi Utomo, Jurnal Mimbar PGSD, Vol 2, No. 1, 2014, h. 1.

Kunandar. 2010, Guru Profesional. Jakarta:Rajawali Press.

-----------. 2013. Penilaian Autentik:Penilaian Hasil Beajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Majid. 2014, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:Remaja Rosdakarya

Mardianto. 2012, Pembelajaran Tematik. Medan:Perdana Publishing

Ni Putu Rita Purwani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Nuraisyiah, N., & Hasan, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Economix, 4(2), 107–117. Diakses 18 Maret 2021

Rohima, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD, Artikel Penelitian pada study Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak, 2017.

Ruslina, Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Islam Al-Hasanah Ciledug Tangerang, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2017

Sanjaya. 2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Erlangga.

Sasrianti Eti, Peningkatan Hasil Belajar peserta didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar

Septaningsih dan Yuliana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Kepada Hasil Belajar Melatih Diri

Shoimin, Aris. 2016, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2021, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung:Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwastini, Luh Sri, dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Ketrampilan menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sukasada, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No.1, 2014, , h. 1

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Nove Ismarita Purba, Yanti Arasi Sidabutar, & Pdt.Sunggul Pasaribu. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Journal Innovation In Education, 1(4), 176–192. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.585