Pendidikan Islam Transformatif

Authors

  • Iin Purnamasari Institut Agama Islam Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Rahmawati Rahmawati Institut Agama Islam Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Dwi Noviani Institut Agama Islam Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Hilmin Hilmin Institut Agama Islam Al-Ittifaqiah Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562

Keywords:

Pendidikan Islam, Transformatif

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran sentral dalam membentuk individu Muslim yang berdaya, berintegritas, dan berkontribusi positif pada masyarakat. Artikel ini membahas urgensi pendidikan Islam yang bersifat transformatif dalam menghadapi tantangan pendidikan Islam saat ini. Pendekatan ini mencakup analisis mendalam terhadap peran empat aspek utama dalam pendidikan Islam: jasmani, rohani, akademik, dan sosial. Melalui tinjauan literatur yang mendalam, artikel ini menjelaskan mengapa pendidikan Islam yang transformatif sangat diperlukan. Pendidikan jasmani memberikan dasar bagi kesejahteraan fisik dan kesehatan individu Muslim. Pendidikan rohani membangun nilai-nilai moral dan spiritual yang kuat. Pendidikan akademik menciptakan landasan ilmiah yang kokoh, sementara pendidikan sosial mempromosikan interaksi yang harmonis dalam masyarakat. Artikel ini menyimpulkan bahwa integrasi aspek-aspek jasmani, rohani, akademik, dan sosial dalam pendidikan Islam adalah langkah penting dalam membangun generasi Muslim yang mampu menghadapi tantangan zaman. Pendidikan Islam yang bersifat transformatif dapat memberikan landasan kuat untuk pengembangan individu Muslim yang berperan aktif dalam membangun masyarakat yang adil dan berkelanjutan.

References

Alam, M. S., & Fatah, M. (2019). Character Building through Transformative Islamic Education: A Case Study of Islamic Schools in Indonesia. Journal of Islamic Education, 4(2), 215–230.

Al-Tawar, S. H. (2019). Transformative Islamic Education: An Analysis of a Framework for Muslim Minority Education. Educational Philosophy and Theory, 51(10), 1017–1025.

Destriani. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. INCARE: International Journal of Education Resources, 2(6), 647–664. http://ejournal.ijshs.org/index.php/ incare/article/view/356

Huda, N. (2019). The Model of Transformative-Integrative Islamic Education (Development of Epistemology in Islamic Education). Edukasi, 7(1), 97–109. https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/ 232/216

Munif, M., Sujianto, A. E., & Mutohat, P. M. (2023). Korporasi Produksi Pendidikan: Paradigma dalam Meningkatkan Kompetensi Kompetensi dan Daya Saing Pendidikan Islam Transformatif. AL-MAFAZI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23–40. https://ejournal.stai-mas.ac.id/ index.php/mpi/article/view/11

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas) (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.); 1st ed.). Erhaka Utama.

Sholeh, M. I., Mutohar, P. M., & Sujianto, A. E. (2023). Development of Entrepreneurial-Oriented Transformative Islamic Educational Institutions: A Global Perspective. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(1), 69–84. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.8075

Siswanto. (2019). Pendidikan Islam dalam Dialeketika Perubahan (A. Aziz (ed.)). Pena Salsabila.

Sutarto. (2023). Paradigma Pendidikan Islam Integrasi dalam Kerangka Pendidikan Transformatif. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 390–408. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.485

Tafsir, A. (2020). Transformative Islamic Education: A Model for Promoting Social and Humanitarian Values. Journal of Religious Education, 68(1), 13–27.

Umam, M. K. (2019). Innovation of Transformative Islamic Education Strategy. Annucal Conference for Muslim Scholar, 510–521. http://proceedings. kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/265/264

Yumnah, L. (2020). Integrative-Transformative Islamic Education in Facing Industrial Revolution 4.0. Educational Review: International Journal, 17(2), 41–54.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Iin Purnamasari, Rahmawati Rahmawati, Dwi Noviani, & Hilmin Hilmin. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)