Pendekatan Ilmu Pendidikan Islam Dalam Kajian Studi Islam

Authors

  • Abdul Wahid Romly Pascasarjana Universitas Nahdlatul ‘Ulama Lampung
  • Siti Khusnul Mahfudzhoh Pascasarjana Universitas Nahdlatul ‘Ulama Lampung
  • Wiro Handoko Pascasarjana Universitas Nahdlatul ‘Ulama Lampung
  • Muhammad Syaifullah Pascasarjana Universitas Nahdlatul ‘Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1162

Keywords:

Pendekatan, Ilmu Pendidikan Islam, Kajian Studi Islam

Abstract

Kajian ini tujuannya adalah untuk mengetahui pendekatan ilmu Pendidikan Islam dalam kajian studi Islam. Peneliti menggunakan  pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaann. Studi ini difokuskan pada penelusuran dan analis untuk mencari keseimbangan antara Pendekatan-pendekatan dalam Pendidikan Islam yaitu, pendekatan pengamalan, pengalaman, rasional, emosional dan pembiasaan sehingga dapat dipahami oleh manusia agar dapat diimplementasikan dan sebagai bentuk landasan moral dalam kehidupan sehari-hari. Yang berhubungan dengan Masyarakat dan lingkungan. Hubungan manusia dengan Allah (hablum minallah) dan hubungan antara sesame manusia (hablum minannas), maka Pendidikan islam merupakan dasar untuk membentuk moral manusia yang baik dan sempurna.

References

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet: II ;Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyatul Auladfil Islam,terj.Khalilullah Ahmad Masjkur Hakim, pendidikan anak menurut islam, Cet: I ; Bandung : Rosdakarya, 2001

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam (Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia), Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (berbasis integrasi dan kompetensi), Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011.

Muhammad Shaleh Assingkliy, “Living Qur’ab as a Model of Islamic Basic Education in the Industrial Era 4.0” Al-Ibtida’: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, cet. I (Jakarta: Visimedia, 2007),

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Isam Cet. 8; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Ali al- Jumbulati, Dirasatun Muqaaranatun fit-Tarbiyyatil Islamiyah, diterjemahkan oleh M. Arifin, dengan judul, Perbandingan Pendidikan Islam (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994).

Devi Syukri Azhari,Mustafa universitas putra Indonesia YPTK padang, DOI:https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865

Abdurrahman al-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam Bandung, Diponegoro, 1992.

Tazkiya,vol.XNo.1,Januari-juni 2021 http://jurnaltarbiy ah.uinsu.ac.id /index,php/tazkiya, e-mail:pai.fitk@uinsu.ac.id ISSN:2086-4191

Sardiyanah,S.(2020) Pendekatan dalam Pendidikan Islam.Al-Qolam:jurnal Kajian Islam dan Pendidikan,7(2),115-124.https://doi.org/10.47435/al-qolam.v7i2.196

merajuk Asa,Pendekatan Pendidikan Islam februari 16,2016

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Abdul Wahid Romly, Siti Khusnul Mahfudzhoh, Wiro Handoko, & Muhammad Syaifullah. (2024). Pendekatan Ilmu Pendidikan Islam Dalam Kajian Studi Islam. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 254–261. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1162

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.