Analisis Lembaga Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia (Dalam Perspektif Historis)

Authors

  • Selawat Setiawan STAI Sangatta
  • M. Fahriannor STAI Sangatta
  • Faelasup STAI Sangatta

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1590

Keywords:

History, Institusions, Madrasah

Abstract

Penelitian ini menganalisis perkembangan lembaga madrasah sebagai institusi pendidikan Islam di Indonesia dari perspektif historis. Madrasah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam utama, telah berperan signifikan dalam pendidikan dan penyebaran nilai-nilai Islam di Indonesia. Studi ini mengulas bagaimana madrasah bermula dari inisiatif sederhana dan secara bertahap berkembang menjadi institusi pendidikan formal dengan kurikulum yang menggabungkan ilmu agama dan pengetahuan umum. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi sejarah, dinamika, dan tantangan yang dihadapi oleh madrasah, serta kontribusi mereka terhadap perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini juga membahas peran pemerintah dan organisasi Islam dalam mendukung eksistensi dan perkembangan madrasah, serta implikasi kebijakan pendidikan terhadap institusi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah telah mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman, tetap relevan, dan berkontribusi signifikan terhadap pendidikan Islam dan pembentukan karakter generasi muda di Indonesia.

References

Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan status kelembagaan pada perguruan tinggi agama Islam dalam menghadapi tantangan dan peluang pendidikan Islam di Indonesia. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 22–44.

Asari Prof. Dr. Hasan, M. A. (1999). Menyingkap Zaman Keemasan Islam.

Asari, H., & Islam, M. Z. K. (1994). Kajian atas Lembaga-lembaga Pendidikan. Bandung: Mizan.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga pendidikan islam di indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (11), 14.

Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Daulay, M. A., Asari, H., & Mukti, A. (2018). Peranan Syekh H. Abdul Halim Hasan dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Kota Binjai Pada Tahun 1927–1969. Edu Riligia, 2(4).

Dawam, A., Ta’arifin, A., & Durori, K. (2004). Manajemen madrasah berbasis pesantren. Lista Fariska Putra.

Drajat, M. (2018). Sejarah Madrasah di Indonesia. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 192–206.

Halim, A. (2022). Asas-asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2).

Hasyim, M., & Botma, A. (2013). Konsep pengembangan pendidikan Islam (telaah kritis terhadap pengembangan lembaga pendidikan madrasah dan pondok pesantren. Kedai Aksara.

Idi, A. (2019). Politik Etnisitas Hindia Belanda: Dilema dalam Pengelolaan Keberagaman Etnis di Indonesia. Prenada Media.

Kodir, A. (2015). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 18.

Maksum. (1999). Madrasah: sejarah dan perkembangannya. Logos Wacana Ilmu. https://books.google.co.id/books?id=cEEQAgAACAAJ

Nasution, F. (2022). Sejarah Kebangkitan Lembaga Pendidikan Islam Nonformal: Majelis Taklim Di Kota Padangsidimpuan (1901-2020). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Prof. Dr. H. J. Suyuthi Pulungan, M. A. (2019). Sejarah Pendidikan Islam. prenadamedia group 1. https://books.google.co.id/books?id=QwPwDwAAQBAJ

Qomar, M. (2015). Ragam IDENTITAS islam di Indonesia dari PERSPEKTIF kawasan. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10(2), 317–352.

RADA, H. M. (2021). LEARNING ORGANIZATION (LO) MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. UIN Raden Intan Lampung.

Rahman, A., & Jailani, M. S. (2021). Konstribusi Tuan Guru Haji Abdurrahman Ya’kub dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indragiri Hilir Pada Paroh Pertama Abad ke-20. Prosiding Seminar Nasional Humaniora, 1, 81–95.

Rindawan, R., Supriadin, S., & Muhsan, M. (2023). Evaluasi manajemen pembelajaran madrasah aliyah manhalul ma’arif darek menggunakan evaluasi model CIPP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Sari, N. Y. D. (2020). Madrasah dan Konflik Keagamaan: Studi atas Konflik Kaum Tuo-Kaum Mudo dalam Krisis Madrasah Islamiyah Tanjung Raja Ogan Ilir Sumatera Selatan, 1925-1932. Journal of Indonesian History, 9(1), 64–75.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166.

Timur, D. (1982). Kebijaksanaan Peminaan Kelembagaan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.

Umar, N. (2020). Geliat Islam Di Amerika Serikat. Bumi Aksara.

Published

2024-06-30

How to Cite

Selawat Setiawan, M. Fahriannor, & Faelasup. (2024). Analisis Lembaga Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia (Dalam Perspektif Historis). IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 350–361. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1590

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.