Upaya Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di SDN 07 Limboto

Authors

  • Muhfidah Khairul Ummah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Burhanuddin Abdul Karim Mantau IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Asriyati Nadjamuddin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.3016

Keywords:

Upaya, Efektivitas, Pembelajaran Tematik

Abstract

pembelajaran juga memiliki  kemampuan untuk: 1) Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajari secara; 2) lebih bermakna; Mengembangkan keterampilan, menemukan, mengolah dan memanfaatkan informasi; 3) Menumbuhkembangkan sikap positif kebiasaan baik dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan; dan 4)  Menumbuhkembangkan keterampilan sosial peserta didik. Permasalahan kemudian yang ditemukan adalah masih terdapat kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik siswa kelas IV di SDN 07 Limboto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ditemukan bahwa upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengefektifkan pembelajaran tematik meliputi; 1) peningkatan kompetensi melalui Pendidikan dan latihan, maupun diskusi / workshop dalam wadah kelompok kerja guru, 2) upaya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran yaitu audio visual, visual dan lainnya melalui pemanfaatn alam sekitarnya; 3) upaya menerapkan model pembelajaran yang variatif yaitu, Problem Based Learning (PBL), Project based learning (PjBL) dan discovery learning; 4) upaya penggunaan waktu yang tepat meliputi masuk sesuai jadwal, penggunaan alokasi waktu yang sesuai perencanaan dan pendalaman materi yang dilakukan di luar jadwal pembelajaran; dan 5) upaya mengenal dan memahami differensiasi peserta didik, dengan cara penggunaan bahasa pengantar yang mudah dipahami, penugasan individu diberikan secara klasikal, dan memberikan pendampingan khusus pada peserta didik yang lemah kemampuannya.

Saran-saran yang dapat diberikan meliputi: 1) Kepada perguruan tinggi dalam hal ini, IAIN Sultan Amai Gorontalo khususnya fakultas Tarbiyah, hendaknya terus menyesuaikan kebutuhan pendidikan yang aplikatif dan sesuai penerapan kurikulum di dunia pendidikan. 2) Untuk pihak sekolah dan guru, hendaknya terus mempertahankan kualitas pembelajaran dan memaksimalkan upaya peningkatan efektivitas penerapan model pembelajaran tematik; 3) Kepada mahasiswa hasil peneltiian dapat dijadikan sebagai bagian dari referensi penelitian; dan kepada masyarakat hasil penelitian ini adalah bahan dan informasi bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan sebuah proses pembelajaran yang efektif.

References

Abdurahman, 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Dapat Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa, Tanggerang Selatan: Pascal Books.

Ananda. Rusydi, dan Fatkhur Rohman. 2023. Belajar dan Pembelajaran. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Asdar dkk, 2021. Sistem Pembelajaran Tematik Terpadu, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Azkiya Publishing.

Bormasa. Monica Veronica, 2022. Kepemimpinan dan Efektivitas Kerja. Banyumas: Pena Persada Cucu Sutianah, Landasan Pendidikan, (Jawa Timur: Penerbit Qiara Media, 2021), h. 18

Departemen Pendidikan Nasional. 2020. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Sinar Grafika

----------, Departemen Pendidikan Nasional, 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Farihin. H., 2022. Pengembangan Profesionalisme Guru. Cirebon: Aksara Satu.Husamah dkk, 2019. Pengantar Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadi. Yusuf, 2018. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hakim. Thursan, 2018. Belajar secara Efektif, Indonesia: Niaga Swadaya.

Hamalik, Oemar, 2018. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mesiono. 2018. Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah/Sekolah Perspektif Ability And Power Leadership. Yogyakarta: Perkumpulan Program Studi Managemen Pendidikan Islam.

Mustafa. Pinton Setya, 2024. Buku Ajar Profesi Keguruan Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan, ed. Muhammad Syamsussabri, Cetakan Pertama Mataram: Pustaka Madani.

Salim. Peter, dan Yeni Salim, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Modern English Press.

Prastowo. Andi, 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: Kencana.

Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia No.5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara” (2014), https://peraturan.bpk.go.id/.

Roestiyah NK., 2020. Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman. 2019. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Suardi. Moh, 2018. Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish.

Sulhan. Ahmad dan Ahmad Khalakul Khairi. 2019. Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (SD/MI), ed. Wildan, Cetakan Pertama, vol. 11 Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Trianto, 2018. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Artikel dan Peraturan

Diani. Aulia Ambar, dan Sukartono, “Peran Guru dalam Penilaian Aitentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol.6 No. 3 (2022)

Ekawati. Mona dan Nevi Yarni, “Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik dan Implikasipada Proses Belajar Pembelajaran”, Vol.2 No.2, (Desember 2019)

Fakhrurrazi, “Hakikat Pembelajaran yang Efektif”, Jurnal At-Tafkir, Vol.XI No.1 (Juni 2018), h. 87

Hermawanti. Afifah Sinta dkk, “Efektivitas Pembelajaran Tematik Ditinjau Dari Kemampuan Guru Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di Kelas V SD Muhammadiyah 8 Kecamatan Tulangan Tahun 2015,” Widyagogik 3, no. 2 (2015): 79–89.

Johantoro, Pengaruh Efektivitas Belajar dan Kondusifitas Lingkungan Keluarga Terhasaap Prestasi Belajar Akuntasi Siswa Kelas X Jurusan Akuntasi di SMK PGRI Batang, (Semarang: UMS, 2019), h. 13

Muhith, Abd, “Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu Di Min III Bondowoso,” Indonesian Journal of Islamic Teaching 1, no. 1 (2018): 45–61.

Muliati, “Efektivitas Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas II Semester Ganjil di MI Nurul Hasanah Kota Makassar Tahun 2017”. Makassar: UIN Alauddin Makassar,

Novitasari, Rizka Wahyu, “Efektivitas Media Pembelajaran Cr-Det Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya”, (Surabaya: UMS, 2019).

Prabowo. Ivan Kukoh, Efektivitas Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SDN Kalikuning 3 Kecamatan Tulukan, (Jawa Timur: STKIP PGRI Pacitan, 2021), h. 5

Rahmawati. Mega, & Edi Suryadi, “Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4, No. 1, (Januari 2019)

Riskiyana,. Nisa dkk. “Kendala Dan Upaya Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar” 9 (2025): 9174–79.

Salfadilah. Fatonah. “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Kelas IV di MIN 6 Bandar Lampung”, (Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2021).

Suharyati. Eny Dwi Deskripsi Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang pada Materi Persamaan Kuadrat dengan Menggunakan Metode Accelerated Learning, (Malang: UM, 2018)

Sukmawati. Endah, dkk “Upaya Peningkatan Kinerja Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah,” Pencerah Publik 10, no. 1 (2023): 30–36, https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i1.4961.

Sholiha. Annisa Najlatus, “Efektivitas Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Zoom Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP Qur’an Darul Fattah Rajabasa Bandar Lampung” (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, n.d.)., h.1

Thoifah. I’anatut, “Efektivitas Pembelajaran Tematik Pada Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MI Hidayatul Islam Mentoro Tuban,” Madrasah Vol. 7 Nom, no. 53 (n.d.): 53–70.

Trisasanti. Hesti, “Efektivitas Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Semester Genap Sekolah Dasae Negeri 2 Solodiran Manisrenggo Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022”, (Klaten: Universitas Widhya Dharma Klaten, 2022).

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Khairul Ummah, M., Mantau, B. A. K., & Nadjamuddin, A. (2025). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di SDN 07 Limboto . IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(3), 361–372. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.3016

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.