Strategi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Kurikulum Merdeka Bagi Anak Tunagrahita di SLB C-C1 Yakut Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2611Keywords:
Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka, TunagrahitaAbstract
Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki keterbatasan intelektual serta keterbatasan lain yang menyertainnya. Mereka memerlukan sesuatu yang dapat menuntun pada kehidupan yang lebih baik dan bermakna, salah satunya merupakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Keterbatasan yang dimiliki peserta didik tunagrahita meyebabkan pelayanan pendidikan mereka berbeda dengan peserta didik reguler sehingga guru memerlukan strategi yang tepat dalam mengajar peserta didik tunagrahita. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi anak tunagrahita di SLB C-C1 Yakut Purwokerto. Penulisan ini menggunakan metode penulisan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif serta diperkuat data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru pada pembelajaran PAI-BP adalah strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa keterbatasan yang dimiliki anak tunagrahita, tetapi tidak menghalangi terlaksanannya proses pembelajaran karena didukung oleh kemampuan guru yang sangat baik dalam berinteraksi dan mengenal latar belakang peserta didik, serta fasilitas yang memadai.
References
Aisyah, N., Hartono, Y., Simarmata, R. H., Kurniadi, E., Yukans, S. S., & Simarmata, R. H. (2024). Pendampingan penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan nilai karakter peserta didik. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 473–480. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i4.2310
Aprilina, H. (2021). Strategi Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. 1–87.
Apriyanto, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Javalitera.
Aulia, N., & Mukhtar, F. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MA Mu’allimat NW Anjani. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1604–1610. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.1735
Ayunira, L. M., & Yunarti, Y. (2022). Analisis Problematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pembelajaran PAI di SMPLB Wiyata Dharma Pertiwi. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 4(01), 18–25. https://doi.org/10.32332/jsga.v4i01.4516
Bagus Adnan, Amelia, M., Hakim, I., Fa’iqoh, A., & Fitriyani, N. (2023). Implementasi Media Audiovisual Menggunakan Layanan Informasi pada Pembelajaran Anak Tunagrahita. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(3), 108–113. https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4200
Barnawi, & Darojat, J. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan: Teori Dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
Fauziah, E. K. (2024). Strategi Pengembangan Modul Ajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bagi Anak Tunagrahita Di SMPLB Negeri 01 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Gultom, M., Pianda, L. D., Manurung, T., Sinuraya, S., & Anaria, Y. (2024). Pengamatan Cara Belajar Siswa di SLB C Karya Tulus. JGEN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 366–370. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i2.494
Khan, N. M., Noreen, M., & Al Hussaini, M. H. (2024). The Impact of Cooperative Learning on Students’ Science Academic Achievement, and Test Anxiety. Harf-o-Sukhan, 8(1), 339–348. https://harf-o-sukhan.com/index.php/Harf-o-sukhan/article/view/1110%0Ahttps://harf-o-sukhan.com/index.php/Harf-o-sukhan/article/download/1110/1069
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5245
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Pesurnay, A. J. (2021). Intelegensi Manusia Sebagai Proses Hidup: Tinjauan Filsafati Atas Pemikiran Fritjof Capra. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.28449
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta.
Sulastri, Aslan, & Rathomi, A. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyampaian Materi Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Literasi Unggulan, 1(3), 571–583. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2432
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Syaripudin, A. (2024). Ragam Strategi Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
Taqiyah, B., & Mustakim, Z. (2024). Strategi Pembelajaran Ekspositori. Juni, 6(2), 248–255. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index
Uyu Mua’wwanah, D. (2021). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In Media Madani (Vol. 1). Media Madani.
Winarto, B. (2023). Aplikasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori (Digital). Penerbit Pohon Cahaya Semesta.
Yang, X. (2023). A Historical Review of Collaborative Learning and Cooperative Learning. TechTrends, 67(4), 718–728. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00823-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.