Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Janji Karya Tere Liye
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.2987Keywords:
Discipline, Honesty, Hard-work, Moral-values, ReligiosityAbstract
This study aims to analyze the moral education values contained in the novel Janji by Tere Liye. A qualitative approach was employed in this research, using content analysis to examine data in the form of relevant narratives and dialogues from the novel. The analysis reveals that the novel encompasses various moral values such as honesty, responsibility, hard work, religiosity, care, tolerance, and discipline. These findings indicate that literary works, particularly novels, can serve as an effective and relevant alternative medium for moral education among adolescents and the younger generation.
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan di alaf baru: Rekomendasi atas moralitas pendidikan (Cet. 1). Yogyakarta: Prima Sophie Press.
Abidin, M. (2021). Pendidikan moral dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1).
Adhe, K. R. (2016). Guru pembentuk anak berkualitas. Jurnal Care Edisi Khusus Temu Ilmiah, 3(3).
Adisusilo, S. (2011). Pembelajaran nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Agustina, H. N. (2020). Memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik novel: Kekhasan konflik novel The Kite Runner. Banyumas: Pena Persada.
Aminuddin. (2013). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ansori, R. A. M. (2016). Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik. Jurnal Pusaka.
Bagaskara, M. (2024). Nilai-nilai pendidikan moral dalam novel 9 Summer 10 Autumns karya Iwan Setyawan (Skripsi Sarjana, UIN Prof. Kiai Haji Saifudin Zuhri, Purwokerto).
Calista, F. (2021, Oktober). Biografi dan profil lengkap Tere Liye - Penulis novel terkenal Indonesia. InfoBiografi. https://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-tere-liye/
Endraswara, S. (2013). Metodologi penelitian sastra (Cet. 1). Yogyakarta: CAPS.
Fattah, H. (2010). Psikologi sosial: Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian kualitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Handita, N. V. (2012). Nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Sanja Sangu Trebela karya Peni (Skripsi, UIN Yogyakarta).
Hasanudin, W. S. (2015). Drama karya dalam dua dimensi. Bandung: CV Angkasa.
Humanitas. (2018). Perilaku keimanan, kesabaran dan syukur dalam memprediksi subjective wellbeing remaja. Humanitas, 15(2).
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran sastra. Yogyakarta: Penerbit Isma.
Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Kurtines, W. M., & Gewirtz, J. L. (1992). Moralitas, perilaku moral dan perkembangan moral. Jakarta: UI Press.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Liye, T. (2021). Janji (Cet. 1). Depok, Jawa Barat: PT Sabak Grip Nusantara.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru (Tjetjep Rohendi Rohidi, Terj.). Jakarta: UI Press.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mu’tamiroh, L. (2023). Nilai religius dalam novel Api Tauhid. Indramayu: Penerbit Adab.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasi pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.
Nasuha, N., et al. (2021). Ibadah sebagai aspek ritual ummat Islam. Preprints. https://osf.io/preprints/osf/5jpbe
Nuarta, H. (2020). Biografi Tere Liye, lulusan akuntan UI yang menjadi penulis novel terkenal. AnakUI.com. https://www.anakui.com/biografi-tere-liye-lulusan-akuntansi-ui
Nurgiantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prameswari, G. (2023, Maret 28). Pengertian nilai religius, jenis, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/28/210000269
Putri, R. N. (2022). Nilai-nilai moral dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye (Skripsi Sarjana, Universitas Batanghari Jambi).
Rahayuningsih, A. D. (2017, Oktober). Perjalanan karir Tere Liye. Ganto.co. https://www.ganto.co/berita/2616/perjalanan-karir-tere-liye.html
Rahman, A. G., & Rini. (2022). Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Janji karya Tere Liye. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Rakhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra: Perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rizal Mz, S. (2018). Akhlak Islami perspektif ulama salaf. Jurnal.
Rizka. (2016). Mengenal lebih dekat sosok Tere Liye - Biografi penulis novel terkenal. Profilpedia.com. http://www.profilpedia.com/2016/11/biografi-tere-liye.html
Rubini. (2019). Pendidikan moral dalam perspektif Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1).
Sa’diyah, H. (2020). Nilai-nilai pendidikan agama Islam multikultural. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Saeful, A. (2021). Implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(2).
Saihu. (2020). Etika menuntut ilmu menurut kitab Ta’lim Muta’alim. Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1).
Samani, M., & Hariyanto. (2014). Pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saputri, R. (2020). Nilai-nilai moral dalam novel Dua Garis Biru karya Gina S. Noer (Skripsi Sarjana, Universitas Batanghari Jambi).
Subur. (2014). Model pembelajaran nilai moral berbasis kisah. Purwokerto: STAIN Press.
Sudiati. (2009). Pendidikan nilai moral ditinjau dari perspektif global. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXVII(2).
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardjono, D. W., et al. (2021). Strukturalisme genetik dalam novel bertemakan religiositas. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sukandarrumidi. (2004). Metodologi penelitian: Petunjuk praktis untuk pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tarigan, H. G. (2015). Prinsip-prinsip dasar sastra. Bandung: CV Angkasa.
Tim Penulis. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluya, B. (2007). Menyelami fenomena sosial masyarakat. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: Landasan, pilar, & implementasi. Jakarta: Prenadamedia.
Yumni, A. (2019). Keteladanan nilai pendidikan Islam yang teraplikasi. Nizhamiyah, 9(1).
Yunus, S. (2015). Menulis kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zaqiyah, Q. Y. (2014). Pendidikan nilai. Bandung: Pustaka Setia.
Zuriah, N. (2015). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.