Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kaligondang Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2641Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dikelas yang pastinya masing-masing dari mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Kaligondang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Data yang sudah dianalisis diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian, implementasi pembelajaran berdiferensiasi terdapat tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adapun tahap pertama perencanaan, guru harus menyiapkan bahan ajar, media pembelajaran, modul ajar, serta asesmen. Kedua tahap pelaksanaan, dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan inti terdapat tiga proses pembelajaran berdiferensiasi yaitu diferensiasi konten, proses dan produk. Ketiga tahap evaluasi, dilakukan dalam bentuk asesmen yang digunakan yaitu asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Secara keseluruhan model pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran PAI di sekolah ini sudah dilaksanakan dengan baik.
References
Amara, T., Pakpahan, B., Nabila, K., Andini3, P., Purba4, N. A., Munawaroh5, S., Negeri, U. I., & Utara, S. (2023). Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 315–321.
Andi Ridwan dan Samad Umarella. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual Program Pascasarjana , Program Studi Pendidikan Agama Islam , Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ambon , Maluku Pe. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(3), 137–149. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i3.2734
AZ Sarnoto. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(July), 1–23. http://jonedu.org/index.php/joe
Chilviana, T., Iswara, P. D., & Indonesia, U. P. (2023). Differentiated Learning in Reading Comprehension in Class V. 7(1), 965–978. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/download/4072/3598/
Faturrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Teras.
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Muktamar, A., Wahyuddin, & Baso Umar, A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Merdeka Belajar : Konsep dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1109–1123. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/138
Mumpuniarti, & Dkk. (2023). Diferensiasi Pembelajaran (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam). UNY Press.
Ningtiyas, I., Santoso, K., & Setiawan, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Ma’Arif Kota Batu. Jurnal Pendidikan Islam, 8(7), 150–158. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/21392/15954
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Purwanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogi, 2(1). https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152
Qorib, M. (2024). Analysis the Impact of Differentiated Instruction on Critical Diversity Literacy in Inclusive Education. Aksaqila International Humanities and Social Sciences [AIHSS] Journal, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.30596/aihss.v3i1.502
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hermawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ruwaida, H., Mauizdati, N., & Nasir, M. (2013). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar (SD). An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 50–57. https://jurnal.asy-syifa.id/index.php/an-nashr/article/view/46
Salwa, S., Ade, Y., & Tri, S. (2025). Evaluasi Model Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Dimensi Gotong Royong pada P5 dalam Kurikulum Merdeka. 01(04), 106–114. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/index
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta.
Suprayetno, E., Sugiarto, A., Sinaga, K., & Napoli, F. De. (2021). Pelatihan Ice Breaking Dalam Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran Di Kelas Pada Guru-Guru Sma Negeri 1 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 2(2), 79–85. http://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/216%0Ahttp://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/download/216/230
Wahyuningtyas, D. P. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Litnus. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.