Implementasi Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Pertiwi 2 Padang Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Direct learning strategy, MotivationAbstract
Direct learning strategy is a learning approach that involves the teacher as the main source of knowledge who provides information directly to students. In this strategy, teachers use various techniques such as lectures, demonstrations, and discussions to convey lesson material to students. Research has shown that hands-on learning strategies are effective in improving students' understanding of course material, increasing student engagement, and facilitating the transfer of knowledge to real-world situations. However, there is also criticism of this strategy because it lacks space for students to actively participate in learning. Therefore, teachers need to consider using direct learning strategies wisely and integrating active learning elements to increase learning effectiveness.
References
Akrim. 2022. Buku ajar strategi pembelajaran. Jakarta: Umsu Pres
Asmidar Parapat 2020. STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya: Edu Publisher
Awaliah, F. P., Parameswara, M. C., & Rustini, T. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung yang dilakukan oleh Guru dalam Strategi Penyampaian Materi IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10352-10356.
Cahyanti, S. D. KONSEP, PENGGUNAAN, PERBANDINGAN, DAN IMPLIKASI DARI MODEL PEMBALAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION).
Farid Nasrulloh. 2020 EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMAΤΙΚΑ. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Guntur Muh. 2022. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Yoghakarta: SELAT MEDIA PATNERS
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Harahap, M. A. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(3)
Herlina, Elin, Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Makassar: CV Tohar Media
Hermayanti Sitti.2022. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru) Sumber Elektronis GMD. Surabaya: Inoffast Publishing
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10032/7655
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/5652/3592
https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/974/755
https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5489/5128
Jauharin Ummu Farda, Dkk. 2023. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD/MI (Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS). Semarang: Cahya Ghani Recovery
Karwono dan Irfan Achmad Muzni. Strategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers
Kharani, K. (2018). PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 119-129.
Maulana Asep. 2023. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT Bumi Aksara
NurHasanah Siti. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: EDU Pustaka
Ridwa Abdullah Sani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafin
Rudi Hasrian Setiawan. 2022. Strategi Pembelajaran Lansung (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa). Medan: Redaksi
Trinova Zulvia. 2020. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banten: CV. AA RIZKY
Umran Muh, Dkk. 2023. Strategi Manajemen Humas Dalam Konsep Teoritis. Pasaman Barat: CV Azka Pustaka
Yanti, W. (2019). Penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon tahun pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.