Penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Dalam Memenuhi Kebutuhan Guru Penggerak PAI
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2413Keywords:
TPACK, Kebutuhan Guru Penggerak PAIAbstract
Penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) merupakan pendekatan integratif yang menggabungkan teknologi, pedagogi, dan konten dalam proses pembelajaran. Penelitian ini akan mengkaji tentang penerapan TPACK dalam memenuhi kebutuhan Guru Penggerak Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKS Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui data primer dan sekunder, dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan. Penyajian data serta menarik kesimpulan yang berkaitan dengan penerapan TPACK dalam memenuhi kebutuhan Guru Penggerak Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKS Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPACK di SMKS Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo telah membantu guru PAI dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan efektif. Selain itu, implementasi TPACK juga membantu dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru penggerak PAI merasa lebih siap dan percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung berbagai strategi pengajaran yang inovatif.
References
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
Haniefa, R., & Samsudin, M. (2023). Penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) dalam Pengajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Ta’limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1), 61–72.
Hanifah, N., & Pd15, M. (2022). Penguatan Kompetensi Pedagogik Melalui Peningkatan Kemampuan TPACK Guru Dalam Program PPG. AKADEMISI SEBAGAI FASILITATOR PENINGKAT KOMPETENSI DAN SKILL, 97.
Khasana, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Dipondok Pesantren Al Fatimiyah. IAIN METRO, 2–3.
Khoerunisa, R. (n.d.). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Daring Pada Calon Guru Kimia. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mukti, M. C. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMP N 10 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
NURHAYATI S, N. U. R. (2020). Pengaruh Kemampuan Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Al Kautsar Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Poloso, R. (2023). Observasi Wawancara Guru Penggerak Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKS Gotong Royong Telaga. Kecamatan Telaga.
Ramdani, R., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Normatif SMK Negeri 11 Pandeglang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 175–188.
Wahyuningsih, F. (2016). Analisis sejarah sosial terhadap materi kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz di buku ajar sejarah kebudayaan Islam kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.