Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas UMKM Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya

Authors

  • Sugeng Purwanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Tapus Revaldo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.99

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Pelatihan dan Pendampingan

Abstract

Pemasaran produk melalui sosial media dan e-commerce menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memperluas jangkauan pasar di zaman digital ini. Faktanya, di era teknologi yang semakin canggih ini membuka kesempatan besar bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa memasarkan produknya hingga ke luar kota, hingga ke luar negeri. Namun, ada banyak UMKM yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan sosial media dan e-commerce untuk meningkatkan penjualan mereka. Hal ini terjadi pada beberapa UMKM yang berada di RW XI Semolowaru Indah II, dimana mereka memiliki produk yang berkualitas namun tidak mengerti bagaimana cara yang modern untuk memasarkan produk-produk tersebut. Dengan melihat kasus ini, maka penulis mengadakan pelatihan dan pendampingan digital marketing untuk para UMKM di RW XW Semolowaru Indah II. Metode ini dilakukan dengan dua cara yaitu : 1) Pelatihan digital marketing dengan mendatangkan narasumber. 2) Pendampingan door to door digital marketing. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini adalah para pelaku UMKM sudah memiliki instagram pribadi, dan juga beberapa mau untuk mendaftar ke e-commerce, dan mereka juga sudah mengerti tentang bagaimana untuk memasarkan produk melalui sosial media tersebut.

 

References

Abarca, R. M. Abarca,2021:68. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015. (2021).

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. (2021). https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Hadi, R. A.. Innovation of The Three In One Service Program of The Population and Civil Registration Service of Bandar Lampung City. 4(1), 135–144. (2022)

Hidayah, U., Mulatsih, S., & Purnamadewi, Y. L. Analisis Kinerja Dan Strategi Pengembangan Umkm Alas Kaki Di Desa Pagelaran. Jurnal Benefita, 4(3), 435. (2019). https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4232

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. (2021). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. (2022).

https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Widya, U., Surabaya, K., Jl, K., Sutorejo, P., Utara, I. /, & 60113, S. (n.d.). Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM PEMULIHAN EKONOMI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS : DINAS KOPERASI KOTA SURABAYA) Mochamad Ilham Ramadhani. 19, 1–9.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Sugeng Purwanto, & Muhammad Tapus Revaldo. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas UMKM Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 54–63. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.99

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.