Sosialisasi Door To Door Digital Marketing UMKM Desa Sumberjo

Authors

  • Tegar Satria Adi UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Ira Wikartika UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.98

Keywords:

UMKM, Digital marketing, Media sosial

Abstract

Desa Sumberjo sebagai desa wisata yang kaya akan sumber daya alam, pada akhirnya mendorong terbentuknya berbagai macam UMKM. Namun hingga saat ini, pengetahuan pelaku UMKM akan pemanfaatan media sosial dan pemasaran digital masih dinilai kurang. Beberapa UMKM masih menerapkan cara konvensional dalam pemasaran sehingga profit maupun jangkauan pasar yang didapatkan kurang maksimal. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM desa Sumberjo tentang tata cara pemasaran digital guna membantu pelaku UMKM dalam meluaskan pasarnya. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi door to door dengan beberapa tahapan metode diantaranya observasi dan wawancara, ceramah dan diskusi, serta demonstrasi dan praktik. Masyarakat perlu dibekali dasar-dasar dan dibekali pengetahuan akan pemanfaatan pemasaran digital agar terwujudnya perkembangan dan peningkatan penjualan serta harapan sebagai desa wisata ramah UMKM dapat direalisasikan.

References

Indrawati, A. P. W. J. A. M. A. (2020). Digital Marketing.

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Mubarok, A., Hamzah, Y. S., Lestari, U. P., Malik, A., Negara, P., Wachid, A., Aziz, N., Putra, D. P., Tradisional, J., Bambu, U., Desa, D. I., Probolinggo, K., Rachmawati, D. A., Shije, P. R., & Fatwa, K. S. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo , Kecamatan. Jurnal Bina Desa, 1(2017), 234–241. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/view/31806

N, H. (2020). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

Nugroho, S. A., & Lizamani, A. A. (2022). PKM Keterlibatan Dosen dan Mahasiswa Profesi Ners sebagai Tim Kesehatan Pos Penyekatan PPKM Darurat se Jawa- Bali di Kabupaten Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(2), 76–91. https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.2754

Nurhasanah, S., & Gunawan, H. (2021). Pengenalan Digital Marketing dan E-Commerce untuk Pemberdayaan Masyarakat Pelaku Usaha Mikro di Desa. … Uin Sunan Gunung …, Desember. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1459%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1459/1333

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195(July 2015), 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Tegar Satria Adi, & Ira Wikartika. (2023). Sosialisasi Door To Door Digital Marketing UMKM Desa Sumberjo. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 40–53. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.98

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)