Pengembangan UMKM Food and Beverage Kelurahan Medokan Semampir Melalui Pendekatan Digital Branding dalam Menghadapi Era Digital

Authors

  • Reziani Novendra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Aminah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.100

Keywords:

Digital Branding, UMKM, Foto Produk

Abstract

Di era globalisasi, pembangunan sangat bergantung pada ekonomi sebagai ukuran dalam keberhasilan pemerintah. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan  peran penting dalam pembangunan suatu negara, khususnya pembangunan ekonomi. Dengan adanya kegiatan digital branding ini diharapkan produk mempunyai image atau citra yang baik di mata konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah kegiatan pelatihan yang dilakukan di pendopo Kelurahan Medokan Semampir dan pendampingan yang dilakukan secara door to d0or. Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding disini mahasiswa mengajarkan bagaimana cara mengambil foto produk dan cara membuat copywriting agar menarik perhatian konsumen. Selanjutnya akan dibuatkan katalog produk yang akan memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Ada Total 8 UMKM Food and Beverage yang mahasiswa dampingi mulai awal hingga akhir.

References

Ferina, N., Priandhita, S.A., & Edlyn, K.A. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Harto, B, Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6.

Kotler Philip., 2018 Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.

Mukhtar, A., Rita, S., & Reizano, A.M. (2023). Pelatihan copywriting sebagai sarana komunikasi sebuah brand dan strategi meningkatkan penjualan di sosial media instagram. Indonesia Berdaya, 4(3),895-902. https://doi.org/10.47679/ib.2023493

Musnaini, Junita, A., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL BUSINESS. CV. PENA PERSADA (1st ed., Vol. 1).

Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV. PENA PERSADA (Vol. 1, Issue 1).

Sarfiah, S.N., Atmaja, H.E., & Verawati, D.M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekon. Pembangunan), 4(2), 1–189.

Solahuddin, M. (2021). Being Creative Early on is the Main Capital for Entrepreneurship. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2), 73-78.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Reziani Novendra, & Siti Aminah. (2023). Pengembangan UMKM Food and Beverage Kelurahan Medokan Semampir Melalui Pendekatan Digital Branding dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 64–74. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.100

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.