Pengembangan UMKM Food and Beverage Kelurahan Medokan Semampir Melalui Pendekatan Digital Branding dalam Menghadapi Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.100Keywords:
Digital Branding, UMKM, Foto ProdukAbstract
Di era globalisasi, pembangunan sangat bergantung pada ekonomi sebagai ukuran dalam keberhasilan pemerintah. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan suatu negara, khususnya pembangunan ekonomi. Dengan adanya kegiatan digital branding ini diharapkan produk mempunyai image atau citra yang baik di mata konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah kegiatan pelatihan yang dilakukan di pendopo Kelurahan Medokan Semampir dan pendampingan yang dilakukan secara door to d0or. Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding disini mahasiswa mengajarkan bagaimana cara mengambil foto produk dan cara membuat copywriting agar menarik perhatian konsumen. Selanjutnya akan dibuatkan katalog produk yang akan memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Ada Total 8 UMKM Food and Beverage yang mahasiswa dampingi mulai awal hingga akhir.
References
Ferina, N., Priandhita, S.A., & Edlyn, K.A. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Harto, B, Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6.
Kotler Philip., 2018 Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.
Mukhtar, A., Rita, S., & Reizano, A.M. (2023). Pelatihan copywriting sebagai sarana komunikasi sebuah brand dan strategi meningkatkan penjualan di sosial media instagram. Indonesia Berdaya, 4(3),895-902. https://doi.org/10.47679/ib.2023493
Musnaini, Junita, A., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL BUSINESS. CV. PENA PERSADA (1st ed., Vol. 1).
Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV. PENA PERSADA (Vol. 1, Issue 1).
Sarfiah, S.N., Atmaja, H.E., & Verawati, D.M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekon. Pembangunan), 4(2), 1–189.
Solahuddin, M. (2021). Being Creative Early on is the Main Capital for Entrepreneurship. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2), 73-78.