Sosialisasi Branding dan Digital Marketing Guna Membangun Identitas Bisnis dan Meningkatkan Jangkauan Pasar Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar
DOI:
https://doi.org/10.59841/jurai.v2i1.704Keywords:
UMKM, Branding, Digital BrandingAbstract
Jurnal ini membahas konsep branding, pemasaran digital, dan berbagai strategi yang relevan untuk UMKM Kelurahan Gunung Anyar, seperti survey UMKM dan persiapan sosialisasi dan pelaksanaan sosialisasi branding dan digital marketing, Selain itu, abstrak ini juga menyoroti manfaat sosialisasi branding dan pemasaran digital bagi UMKM, termasuk pentingnya membangun branding produk, pembuatan logo produk, digital marketing guna memperluas jangkauan pasar, digital marketing melalui media sosial, berjualan di e-commerce ternama, dan mendaftar di google business profile. Dengan memadukan konsep tersebut, jurnal ini bertujuan memberikan panduan praktis bagi UMKM di Kelurahan Gunung Anyar dalam memanfaatkan strategi branding dan pemasaran digital guna mencapai keberhasilan di pasar yang kompetitif.
References
Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477–483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366
Fadhillah, M., & Setiawan, A. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Perdagangan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat. JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(1), 50–63. http://jurnal.utu.ac.id/JIMSI/article/view/5115
Faiz Muntazori, A., & Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. Jurnal Desain, 1(3), 342–351. www.gatra.com
Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.596
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Nurrizka, A. F. (n.d.). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. 5(April 2016), 28–37.
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429
Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Van Grinsven, B., & Das, E. (2016). Logo design in marketing communications: Brand logo complexity moderates exposure effects on brand recognition and brand attitude. Journal of Marketing Communications, 22(3), 256–270.
Arifin, R., Andriansyah, Syahputra, R. A., & Zubir, A. A. (2022). Factor Influencing Consumer’s Purchase Intention on E-Commerce in Indonesia During Pandemic Covid-19 Based on Gender Moderation. https://doi.org/10.2991/aer.k.220131.037
Sulaksono, J., dan Zakaria, N., 2020, Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri, Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41-48
Syahputra, R. A., Putri,, C. W., Maliza,, N. O., & Rachmatika, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 521-527.
Google. (2021). Memulai Google Maps. Diakses melalui https://support.google.com/maps/answer/144349?hl=en&co=GENIE.Platform%3DAndroid
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 jurnal ABDIMAS Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.