Sosialisasi Branding dan Digital Marketing Guna Membangun Identitas Bisnis dan Meningkatkan Jangkauan Pasar Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar

Authors

  • Yuwono Sulistyo UPN "Veteran" Jawa Timur
  • M Rizky Bayu Pratama UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Alvina Marcelia UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Nur Shadrina Prameswari UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Mochammad Ismail Alfarizi UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Ira Wikartika UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v2i1.704

Keywords:

UMKM, Branding, Digital Branding

Abstract

Jurnal ini membahas konsep branding, pemasaran digital, dan berbagai strategi yang relevan untuk UMKM Kelurahan Gunung Anyar, seperti survey UMKM dan persiapan sosialisasi dan pelaksanaan sosialisasi branding dan digital marketing, Selain itu, abstrak ini juga menyoroti manfaat sosialisasi branding dan pemasaran digital bagi UMKM, termasuk pentingnya membangun branding produk, pembuatan logo produk, digital marketing guna memperluas jangkauan pasar, digital marketing melalui media sosial, berjualan di e-commerce ternama, dan mendaftar di google business profile. Dengan memadukan konsep tersebut, jurnal ini bertujuan memberikan panduan praktis bagi UMKM di Kelurahan Gunung Anyar dalam memanfaatkan strategi branding dan pemasaran digital guna mencapai keberhasilan di pasar yang kompetitif.

References

Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477–483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366

Fadhillah, M., & Setiawan, A. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Perdagangan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat. JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(1), 50–63. http://jurnal.utu.ac.id/JIMSI/article/view/5115

Faiz Muntazori, A., & Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. Jurnal Desain, 1(3), 342–351. www.gatra.com

Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.596

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Nurrizka, A. F. (n.d.). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. 5(April 2016), 28–37.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Van Grinsven, B., & Das, E. (2016). Logo design in marketing communications: Brand logo complexity moderates exposure effects on brand recognition and brand attitude. Journal of Marketing Communications, 22(3), 256–270.

Arifin, R., Andriansyah, Syahputra, R. A., & Zubir, A. A. (2022). Factor Influencing Consumer’s Purchase Intention on E-Commerce in Indonesia During Pandemic Covid-19 Based on Gender Moderation. https://doi.org/10.2991/aer.k.220131.037

Sulaksono, J., dan Zakaria, N., 2020, Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri, Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41-48

Syahputra, R. A., Putri,, C. W., Maliza,, N. O., & Rachmatika, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 521-527.

Google. (2021). Memulai Google Maps. Diakses melalui https://support.google.com/maps/answer/144349?hl=en&co=GENIE.Platform%3DAndroid

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Yuwono Sulistyo, M Rizky Bayu Pratama, Alvina Marcelia, Nur Shadrina Prameswari, Mochammad Ismail Alfarizi, & Ira Wikartika. (2024). Sosialisasi Branding dan Digital Marketing Guna Membangun Identitas Bisnis dan Meningkatkan Jangkauan Pasar Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.59841/jurai.v2i1.704

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.