Membangun Branding UMKM Minuman Herbal dengan Pembuatan Identitas Visual di Gunung Anyar, Surabaya

Authors

  • Tengku Sandi Yudha Yudha Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Reta Amalia Reta Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nelista Rizkiyati Nelista Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Mochammad Sakti Ramadhana Sakti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Azzam Firdaus Hemawan Azzam Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ugy Soebiantoro Ugy Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v2i1.698

Keywords:

Branding, UMKM, Visual

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sehingga dapat menunjang perekonomian. Dengan adanya era modern sekarang ini, banyak pengusaha yang memanfaatkan digital marketing dalam membuat branding pada usaha yang dijalankan untuk menarik minat konsumen. Hal tersebut membuat kelompok Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur membantu UMKM pada Kelurahan Gunung Anyar. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara langsung sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara dan analisis desain visual digunakan untuk merinci, dengan difokuskan pada UMKM minuman herbal di Kelurahan Gunung Anyar, Surabaya, yakni “Jamu Sinom” dan “Sari Bunga Telang". Kegiatan dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur pada tanggal 20 Oktober 2023.Persiapan dilakukan dengan wawancara kepada pemilik UMKM Sinom dan Sari Bunga Telang, untuk dapat mengetahui dengan detail nilai inti dari UMKM mereka sehingga nantinya desain logo, banner, dan label dapat sesuai esensi dari UMKM tersebut. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan menggambarkan rendahnya pemahaman pelaku usaha tersebut terkait penggunaan identitas visual sebagai sarana melakukan branding untuk strategi pemasarannya. Sesuai dengan program kerja yang telah dilaksanakan ini berupaya dan berusaha untuk terus melakukan pendampingan kepada UMKM yang bertujuan untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan pengalaman dalam mendesain identitas visual.

References

Anggraeni, Wilfarda Charismanur, Wulan Puspita Ningtiyas, dan Nurdiyah Nurdiyah. 2021. “Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia.” Journal of Government and Politics (JGOP) 3(1):47–65.

Destrina, Aulia Afra, Galvin Christian Lukyanto, Mentari Clara Dewanti, dan Siti Aminah. 2022. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo.” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2(2):1473–78.

Dewi, Erlita Khrisinta, Dahliyah Hayati, Nessa Ananda, dan Monanda Wandita Rini. 2022. “Making Product Logo And Labeling As Sales Promotion On Msme Traditional Drink ‘Mf’ Jakarta Selatan.” Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(3):302–6.

Hasani, Roal, dan Rintan Nuzul Ainy. 2019. “Faktor-faktor yang mempengaruhi umkm dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah (sak emkm).” Jurnal.

Indonesia, Pemerintah Pusat. 2008. Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Indonesia: LN.2008/NO.93, TLN NO.4866, LL SETNEG : 20 HLM.

Maulida, Maulida. 2020. “Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian.” Darussalam 21(2).

MILLANI, ALIEF INDY, Rani Maghfiratul Layli, dan Sukma Alexander Putri. 2023. “PENDAMPINGAN UMKM KUE BASAH DI KELURAHAN GUNUNG ANYAR MELALUI DESAIN LOGO, KEMASAN, DAN MERK.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka 2(04 Juli):308–403.

Naimah, Rahmatul Jannatin, Muhammad Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, dan Agus Pebrianto. 2020. “Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2(2):119–30.

Raharja, Sam’un Jaja, dan Sari Usih Natari. 2021. “Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):108–23.

Ridho, Wahyu, dan Shabirina Laila Azka. 2023. “Optimalisasi Branding UMKM Rempeyek ‘Mak Sri’ Melalui Pengembangan Desain Kemasan Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing.” Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia 2(3):143–59.

Rusyada, Gozin Najah, Baiq Rabiatul Adawiyah Kartika Wulan, Risyaf Kudus Pranasa, I. Nyoman Switrayana, dan Logi Mulawarman. 2023. “Pelatihan Pembuatan Label Usaha untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kabupaten Lombok Utara.” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi 1(3):415–24.

Sheila Sabina Adelia Rizka, dan Ety Dwi Susanti. 2023. “Optimalisasi Branding Dan Re-Branding Produk UMKM Di Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya.” Jurnal Insan Pengabdian Indonesia 1(3):68–78.

Sintakarini, Kurnia Yuli, Ririt Iriani Sri Setiawati, dan Mohammad Wahed. 2023. “Pembuatan Logo Dan Label Sebagai Branding Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sentul.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi 2(3):7–14.

Wijayanti, Nur Rohmah, dan Ika Korika Swasti. 2023. “KNOWLEDGE SHARING: BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM "DOYAN JAJAN" DI DESA LAWEYAN, PROBOLINGGO.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka 2(04 Juli):415–20.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Yudha, T. S. Y., Reta, R. A., Nelista, N. R., Sakti, M. S. R., Azzam, M. A. F. H., & Ugy, U. S. (2024). Membangun Branding UMKM Minuman Herbal dengan Pembuatan Identitas Visual di Gunung Anyar, Surabaya. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.59841/jurai.v2i1.698

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.