Penguatan Branding Desa Wisata Adiluhur Melalui Perancangan Event Desa Wisata yang Adaptif dan Inovatif

Authors

  • Novanda Alim Setya Nugraha Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Siti Khomsah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rima Dias Ramadhani Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59841/jurai.v1i4.678

Keywords:

desa wisata adiluhur, kebumen, pariwisata, kampung wisata bahasa Inggris, festival desa wisata

Abstract

Desa Wisata Adiluhur memiliki potensi wisata yang beragam dan mendapatkan berbagai penghargaan karena pengelolaan desa wisatanya yang maju. Sayangnya, popularitas Deswita Adiluhur belum diimbangi dengan sinergitas branding yang kuat dengan kegiatan event/festival yang digelar atau diselenggarakan oleh Pengelola Desa Wisata Adiluhur. Adanya festival/event yang rutin diselenggarakan sebagai sarana menarik wisatawan agar dapat berkunjung secara rutin. Event yang dibuat nanti harus dapat mengedepankan aspek humanis serta mudah diimplementasikan oleh pengelola Deswita Adiluhur. Adapun Festival yang diimpelementasikan adalah Sport Tourism Festival, English Day Festival, dan Festival Desa Wisata. Ketiga festival tersebut dapat berjalan dengan baik dan mampu mengangkat branding Desa Wisata Adiluhur untuk mendatangkan jumlah wisatawan yang lebih massif.

References

Adisel, A. G. P. (2020) “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal of Administrasi and education Management, 3(1), hal. 1–10.

Aisa, A. dan Lisvita, L. (2020) “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Journal of Education and Management Studies, 3(4), hal. 47–52.

Astini, N. K. S. (2020) “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 Diterima,” Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amplapura, 11(2), hal. 13–25.

Budi Sutrisno, Idil Akbar, N. I. S. (2019) “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi Finansial,” Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), hal. 1–8.

Chasanah, U. et al. (2021) “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 melalui Pembuatan Sabun Cuci dari Minyak Jelantah sebagai Upaya Mengurangi Pencemaran Lingkungan Uswatun,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(1), hal. 8–16.

Dewi Diah Fakhiriyyah, Yuni Wulandari, C. K. (2020) “Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19,” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(4), hal. 311–317.

Hermawan, A. (2020) “Pemberdayaan PAUD Unggulan KB Kartini ( Studi Program PHBS Menghadapi Pandemi Covid-19 ),” Islamic Management and Empowerement JJournal, 2(1), hal. 67–80. doi: 10.18326/imej.v2i1.67-80.

Indah Andayani, Maria Veronika R, W. Y. (2019) “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” Pembardayaan Masyarakat, 1(1), hal. 12–20.

Komang, N. dan Astini, S. (2020) “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), hal. 241–255.

Muafani (2021) “Pemanfaatan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Pemberdayaan Masyarakat,” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), hal. 134–139.

Nardi Sunardi, Rosa Lesmana, D. (2020) “Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19,” Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), hal. 1–27.

Rahmawati, T. (2017) “Pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat,” 2Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), hal. 1–10.

Roida Pakpahan, Y. F. (2020) “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” Journal Information System, Applied, Manajemen, Acoounting and Ressearch, 4(2), hal. 30–36.

Sucika Armiani, Siti Rabiatul, dkk (2020) “Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara,” Jurnal Pengabdian Undikma, 1(1), hal. 22–27.

Sukma Irdiani, Kunanto Damawan, dkk (2021) “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Pawon Urip,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), hal. 103–110.

Supriyanto (2004) “Pemberdayaan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Bisnis,” Pemberdayaan Teknologi Informasi, 2(1), hal. 99–112.

Theresa Oktari Wurura, Masye S. Pangkey, J. R. (2021) “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan usaha Mikro di Kelurahan Imandi Pada Pandemi Covid-19,” Jurnal JAP, VII(102), hal. 61–69.

Unik Hanifah Salsabila, Lailli Irna Sari, K. H. L. (2020) “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), hal. 188–198. doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Utami, S. et al. (2021) “Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata ( POKDARWIS ) Desa Burai melalui Edukasi Protokol Kesehatan COVID-19 Menggunakan Whatsapp Empowerment of Tourism Awareness Groups ( POKDARWIS ) in Burai Village through COVID-19 Health Protocol Education Using Whatsapp,” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(1), hal. 95–108.

Vidya Fauzia Utami (2019) “Pelatihan Budidaya Tanaman Hias Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dusun Watu Agung Kecamatan Suruh Kebupaten Semarang ditengah Pandemi Covid-19,” Pengabdian Masyarakat, 1(1), hal. 1–15.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Novanda Alim Setya Nugraha, Siti Khomsah, & Rima Dias Ramadhani. (2023). Penguatan Branding Desa Wisata Adiluhur Melalui Perancangan Event Desa Wisata yang Adaptif dan Inovatif . Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(4), 68–82. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i4.678

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.