Potensi Ekstrak Daun Dan Batang Sirih Merah Dengan Sirih Hijau Sebagai Insektisida Herbal Terhadap Mortalitas Kecoa Amerika

Authors

  • Ade irma Fitria Ningsih Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Rizki Nugrahani Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Andy Susbandiyah Ifada Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Vechi Pratama Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Zulhiana Puspita Sari Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i2.1188

Keywords:

Insektisida alami, Ekstrak daun sirih merah, Mortalitas kecoa Amerika

Abstract

Penggunaan insektisida kimia dapat berdampak buruk bagi lingkungan  dan manusia. Berdasarkan efek penggunaan insektisida kimia yang sangat merugikan bagi masyarakat maka dibutuhkan bahan-bahan yang dapat menanggulangi dan membasmi kecoa amerika seperti sirih merah dan sirih hijau yang memiliki potensi sebagai insektisida alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan potensi ekstrak daun dan batang sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) dengan daun dan batang sirih hijau (Piper betle L) sebagai insektasida herbal terhadap mortalitas kecoak amerika (Periplanela Americana).

Hasil penelitian dari daun dan batang sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) bahwa mortalitas kecoa amerika terjadi pada control positif, konsentrasi 85% dan konsentrasi 95% dimana jumlah mortalitas kecoa amerika sebanyak 5 ekor sedangkan pada konsentrasi 75% jumlah mortalitas hanya 4 ekor dan kontrol negatif tidak terdapat mortalitas karena hanya diberikan aquades. Hasil penelitian dari daun dan batang sirih hijau (Piper betle L) bahwa mortalitas kecoa amerika terjadi pada control positif, konsentrasi 75%, konsentrasi 85% dan konsentrasi 95% dimana jumlah mortalitas kecoa amerika sebanyak 5 ekor k sedangkan pada negatif tidak terdapat mortalitas karena hanya diberikan aquades. Hasil uji statistic pada daun dan batang sirih merah terdapat mortalitas pada kecoa amerika yang di tunjukan pada nilai uji kruskal wallis nilai signifikansinya 0,012 ≤ 0,05 sedangkan hasil uji statistic pada daun dan batang sirih hijau terdapat mortalitas pada kecoa amerika yang di tunjukan pada nilai uji kruskal wallis nilai signifikansinya 0,048 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun dan batang sirih merah (Piper crocatum Ruiz & Pav)  serta ekstrak daun dan batang sirih hijau (Piper betle L) memiliki pengaruh terhadap mortalitas kecoa amerika (Periplaneta Americana)

References

Ajad, A. 2015, Toksisitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L) terhadap mortalitas ulat grayak (Spodofera Litira F) dalam http:www.academia.edu/6193761/toksisitas-ekstrak-daun-sirsak(annona muricata)terhadap-mortalitas-ulat-grayak(spodoftera-litura-F) Diakses pada tanggal 11 maret 2016.

Anonim, 2014.Masalah hygiene keberadaan kecoak cockroach di industry dan di rumah. Jakarta.

Cania, Eka. 2013. Uji Efektivitas Larvasida Ekstrak Daun Legundi (Vitex Trifolia) Terhadap Larva Aedes Aegypti.MAJORITY (Medical Journal of Lampung University).Vol. 2.

Cloarec A, Rivault C, Fontaine F, Le Guyader A., (1992), Cockroaches as carriers of bacteria in multi-family dwellings. Epidemiol infec. 109(3): 483-490.

Notoadmojo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudewo, 2007, Basmi Penyakit dengan Sirih merah, Penerbit Agromedia, Jakarta in:

Juliantina, F., Dewa, A.C., Nirwani, B., Nurmasitoh, T., and Bowo, E.T., 2009,

Manfaat Sirih Merah Sebagai Agen Anti Bakterial terhadap Bakteri Gram

positif dan Gram negatif, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, (online)

(http://journal.uii.ac.id/index.php/JKKI/article/viewFile/543/467.pdf diakses 26

Februari 2010).

Sucipto, C. D. (2011). Vektor penyakit Tropis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Ade irma Fitria Ningsih, Rizki Nugrahani, Andy Susbandiyah Ifada, Vechi Pratama, & Zulhiana Puspita Sari. (2024). Potensi Ekstrak Daun Dan Batang Sirih Merah Dengan Sirih Hijau Sebagai Insektisida Herbal Terhadap Mortalitas Kecoa Amerika. An-Najat, 2(2), 212–220. https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i2.1188

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.