Etika Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring: Tantangan dan Strategi
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.3011Keywords:
Etika Akademik, Pembelajaran Daring, Plagiarisme, Kecurangan,, Interaksi Sosial, Pendidikan Etika, Teknologi PendidikanAbstract
Pembelajaran berani telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan modern, menawarkan transmisi dan aksesibilitas yang lebih luas dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Namun pembelajaran yang berani juga menimbulkan tantangan terkait etika akademik yang perlu diatasi untuk menjamin kualitas pembelajaran yang optimal. Tantangan ini meliputi plagiarisme, kondisi, dan kurangnya interaksi sosial yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Artikel ini membahas tentang pentingnya etika akademik dalam pembelajaran yang berani, tantangan yang dihadapi, dan strategi untuk meningkatkan keterlaksanaan etika akademik. Integrasi etika pendidikan dalam kurikulum, pelatihan etika digital dan akademik, serta penggunaan teknologi untuk meningkatkan interaksi sosial dan pengawasan merupakan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penerapan etika akademik dalam pembelajaran berani. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran dapat meningkat dan siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang sebenarnya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan berintegritas.
References
Affandi, A., Hakim, T. I. . R., & Prasetyono, P. (2022). Dimensi Fraud Hexagon Dan Spiritualitas Pada Kecurangan Akademik Selama Pembelajaran Daring. InFestasi, 18(1), InPress. https://doi.org/10.21107/infestasi.v18i1.14605
Alfarizi, M. L. (2024). Perlindungan Etika Akademik dalam Pembelajaran Online di Universitas: Strategi dan Tantangan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 77–88. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 77–88.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 281-288.
Atmowardoyo, H. (2023). BELAJAR & PEMBELAJARAN (Teori dan Implementasi 2020) (Issue March).
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Yogyakarta: Deepublish.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Hamambira, L. D. (2021). Etika Pembelajaran Daring. Aletheia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 36–46. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/348.
Hamzah, A. H. P., & Siregar, R. Y. (2023). Penerapan Etika Berkomunikasi oleh Dosen Digital Immigrant kepada Mahasiswa Digital Native di USU. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 33–44.
Hartono, M. O., & Aprison, W. (2024). Etika dan Integritas Akademik di Era Digital: Tantangan dan Solusi bagi Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.
Jiwanda, J. (2023). Persepsi Sivitas Akademika Kampus STABN Sriwijaya mengenai Etika Pembelajaran Daring. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 7(2), 89–97.
Jofipasi, T. A., Sukma, D., Efendi, J., Jofipasi, T. A., Sukma, D., Efendi, J., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2025). Pemanfaatan TIK dalam Perkembangan Institusi Pendidikan di Era Society 5 . 0. 5(1), 22–28.
Rahma, M. A. A., & Prihatiningtias, Y. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Sinkron dan Asinkron terhadap Pelanggaran Etika Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(2), 208–221.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Setiani, S. Y., & A. (2024). Etika Penggunaan Media Digital Pada Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 101–110.
Yusuf Bilfaqih dan Qomarudin, N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Yogyakarta : DEEPUBLISH.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Innovation In Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.