Pendidikan Untuk Menyempurnakan Kemuliaan Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.2753Keywords:
Personal morality, Social morality, Moral educationAbstract
Permasalahan akhlak, baik pribadi maupun sosial, semakin kompleks seiring perkembangan zaman. Akhlak merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter individu serta menjaga keharmonisan kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran akhlak dalam kehidupan manusia serta dampak negatif yang timbul akibat kerusakan akhlak. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kajian teori dari tokoh-tokoh seperti imam Al-Ghazali dan Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa akhlak pribadi dan sosial sangat diperlukan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan beradab. Penanaman nilai-nilai akhlak melalui pendidikan, keteladanan, dan pembiasaan perilaku positif menjadi solusi strategis dalam mengatasi krisis moral yang tengah terjadi.
References
Badawi. (2019). Pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak mulia di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Semnasfip). Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Hikmawati, S. (2023). Pendidikan karakter melalui pembiasaan akhlak mulia: Studi SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Mamba’ul ‘Ulum, 19(1), 59–66.
Muhrin. (n.d.). Akhlak kepada diri sendiri. Unpublished manuscript, UIN Antasari Banjarmasin.
Naldi, A., Putra, R. A., Satio, W., & Gusmaneli. (2024). Metode membentuk akhlak mulia dalam pendidikan Islam. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 244–248. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.202
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229–232.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Innovation In Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.