Media Pembelajaran Berbicara Di Kelas Tinggi

Authors

  • Adien Inayah PGMI, FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aflah Husnaini Matondang PGMI, FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Namira Sazkia PGMI, FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juni Sahla Nasution PGMI, FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v2i2.1397

Keywords:

Kepemimpinan Pendidikan, Gaya Kepemimpinan, Keterampilan Kepemimpinan

Abstract

Kepemimpinan dalam administrasi pendidikan merupakan aspek krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai aspek kepemimpinan dalam administrasi pendidikan, termasuk pengertian, keterampilan yang diperlukan, gaya kepemimpinan yang diterapkan, dan fungsi-fungsi spesifik yang harus dijalankan oleh pemimpin. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang mencakup analisis berbagai literatur dan penelitian sebelumnya terkait kepemimpinan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dalam administrasi pendidikan membutuhkan kombinasi technical skill, human skill, dan conceptual skill, serta penerapan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan konteks institusi. Fungsi kepemimpinan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian juga sangat penting untuk memastikan operasional yang efisien dan pencapaian tujuan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan dan rekomendasi praktis bagi para pemimpin pendidikan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas institusi mereka, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pertumbuhan.

References

Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8444

Aprilia, R. dan Y. (2017). Pengembangan Boneka Jari dalam Seni Kerajinan Tangan di Kelas V Sekolah Dasar. Jouful Learning Journal, 6 Nomor 2(2252–6366).

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.

Fitria, D. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Berdasarkan Pendekatan Metode Diskusi Di Madrasah. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 135–141.

Henny Lailusmi. (2022). Pengembangan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Ipa Di kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Hermansyah, A. K., Suyono, S., & Hasanah, M. (2017). Desain pembelajaran berbicara untuk mengenalkan nilai-nilai moral kemanusiaan melalui bermain peran. Jurnal Edukasi, 4(1), 38–42.

Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Buku …. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al …, 1(1), 1–10.

Hoerudin, C. wahyu. (2017). Model Kebahasaan Berkarakter dalam Mengembangkan Aspek Nilai, Agama, dan Moral Anak Usia Dini. Ilmiah Pendidikan, 2 Nomor 1.

Ilham, M. & W. I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbicata.

Junaida, Basri, A., & Budiman. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Intidaiyah/ Sekolah Dasar. Perdana Publising.

Lestari, I. D., & Lestari, F. A. P. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(01), 55-60.

Putri, K. L. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V SD N Gumpang 3. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 1–5. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.39825

Rahmawati, F. A., Nurwardah, A., & Nasution, K. (2021). DESAIN PERMAINAN SHARF BLOCK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SHARF BAGI PEMULA. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 7, 454–462.

Ratna Permata Sari. (2021). Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. UIN SUSKA Riau.

Septyarini Putri Astawa. (2019). Buku Cerita Fabel Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 4. No. 2.

Sundari, A., Fadhillah, R. A. Z., & Oktaviani, S. A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring dalam Perkembangan Berbicara Anak SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9239–9248.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Published

2024-06-27

How to Cite

Adien Inayah, Aflah Husnaini Matondang, Namira Sazkia, & Juni Sahla Nasution. (2024). Media Pembelajaran Berbicara Di Kelas Tinggi. Journal Innovation In Education, 2(2), 295–307. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i2.1397

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.