Esensi Filsafat dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam: Perspektif Konseptual dan Aplikatif
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v3i1.2630Keywords:
Filsafat Ilmu, Manajemen Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan, Epistemologi Islam, Model AplikatifAbstract
Penelitian ini mengkaji esensi filsafat ilmu dalam manajemen pendidikan Islam dari perspektif konseptual dan aplikatif. Filsafat ilmu berperan sebagai landasan epistemologis, ontologis, dan aksiologis dalam perumusan kebijakan pendidikan Islam. Meskipun banyak kajian yang menyoroti aspek teoritis, penelitian ini mengidentifikasi kesenjangan dalam implementasi praktis konsep-konsep filosofis. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini mengembangkan model integratif yang menghubungkan prinsip-prinsip filsafat ilmu dengan strategi manajemen pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa pengintegrasian ilmu wahyu dan rasional serta nilai-nilai moral dalam kebijakan pendidikan dapat meningkatkan efektivitas manajemen. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan antara teori dan praktik pendidikan Islam, serta menawarkan panduan bagi pengelola lembaga pendidikan dalam merumuskan kebijakan berbasis nilai-nilai Islam.
References
Adawiyah, R., & Nihayah, R. (2023). KONSEPSI HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM DALAM KERANGKA TIPOLOGI MAZHAB FILSAFAT ISLAM. Ta’dib (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Peradaban Islam), 5(1), 29–48.
Afriandi, B., Bumi, H. R., Kamal, T., Hakim, R., Hanafi, H., & Julhadi, J. (2024). Objek-Objek Kajian Filsafat Ilmu (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) Dan Urgensinya Dalam Kajian Keislaman. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 7(1), 72–80.
Ariani, R., & Ritonga, M. (2024). Analisis Pembinaan Karakter: Membangun Transformasi Insan Kamil Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 174–187.
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.
Batubara, I. A. (2022). Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 759–771.
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 442–453.
Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156–172.
Fanani, M. Z., & Agustriani, D. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(2), 98–126.
Hakim, A. R., & Hambali, A. (2024). Makna Aksiologi dalam Manajemen Pendidikan Islam untuk Pengembangan Kualitas Pendidikan. Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 151–159.
Halik, A. (2020). Ilmu pendidikan islam: perspektif ontologi, epistemologi, aksiologi. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2).
Hasan, A., Nurfitriani, A., Rachman, H. P., Putra, R. W., & Fadhillah, M. F. (2024). Peran Pemerintah Dalam Memajukan Ekonomi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 187–196.
Hendrizal, H., Beggy, M., Masduki, M., & Roza, E. (2024). Epistemologi Nalar Bayani, Burhani Dan Irfani Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01).
Jasnain, T. J. (2022). Kajian Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Al-Fatih, 5(1), 43–56.
Kurdi, M. S. (2023). Urgensitas pendidikan Islam bagi identitas budaya (analisis kritis posisi efektif pendidikan sebagai pilar evolusi nilai, norma, dan kesadaran beragama bagi generasi muda Muslim). Indonesian Journal of Religion Center, 1(3), 169–189.
Kurnia, Z. A., Tampubolon, E. S., & Muslimin, I. (2024). Eksistensi Makna Filsafat dan Objek Kajiannya Dalam Pendidikan Islam. Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 5(3), 725–740.
Latif, H., & Sesmiarni, Z. (2024). KONSEP KAIZEN DALAM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Irfani (e-Journal), 20(2), 212–226.
Luneto, B. (2022). Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan Islam (Teori dan Aplikasi Pengembangan Model Madrasah). Herson Anwar.
Luthfiyah, L., & Khobir, A. (2023). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254.
Mahmudah, N., Ningtyas, D. T., Supiah, S., & Paus, J. R. (2020). Wakaf Muhammadiyah dalam Membangun Pendidikan Berkemajuan di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 71–90.
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.
Mudhoffir, A. M., Trisnanti, D. S., Hugo, F., Anugrah, I., Sasongko, K. H., Supriatma, M., … Pontoh, C. H. (2023). Marxisme, Kelas Menengah dan Politik Sebuah Perdebatan. Pustaka IndoPROGRESS.
Mukarom, Z., Hermansyah, Y., Karim, M., Sudrajat, C. J., & Nasution, T. (2023). PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENGGABUNGKAN ILMU PENGETAHUAN MODERN DAN NILAI-NILAI KEISLAMAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 8(2), 246–253.
Muna, F., Nurhuda, A., Yuwono, A. A., & Aziz, T. (2024). Dikotomi Ilmu Agama Dan Umum Dalam Reorientasi Pendidikan Islam. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 1–10.
Mutakin, A. (2023). Fiqh Ekologi; Upaya Merawat Lingkungan Hidup Berbasis Konsep Maqashid Syariah. Syariah: Journal of Fiqh Studies, 1(2), 107–126.
Nur’aini, S. (2023). Keseimbangan antara Islam dan Sains: Analisis Konsep Islamisasi Ilmu Perspektif Ismail Raji Al Faruqi. Al-Fiqh, 1(1), 1–10.
Rahman, Z. D., Sarmain, S., Al Faqih, S., Fauzi, A., & Hidayat, W. (2024). MENGGALI ARTI, MAKNA, DAN HAKIKAT FILSAFAT ILMU: RELEVANSI EPISTEMOLOGI DALAM DINAMIKA PENGETAHUAN MODERN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 477–486.
Razali, R., & Asrul, A. (2024). Landasan dan Fondasi Dasar Tatakelola Pendidikan Islam Dalam Analisis Aspek-Aspek Filosofis. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 60–72.
Rinny, S., Rahmawati, A., Irawadi, H., Saputra, S. I., & Jamilus, J. (2024). Epistimologi Sebagai Landasan Metodologi Ilmiah untuk Pengembangan Teori Baru Bidang Manajemen Pendidikan Islam. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7463–7474.
Samad, S. A. A. (2021). Diskursus hakikat kurikulum pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108.
Sari, R., Elvarisna, E., Marsena, M., & Jamilus, J. (2024). Ontology, Epistimologi dan Axiologi dalam Filsafat Ilmu Untuk Pengembangan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 6316–6330.
Siahaan, A., Hidayat, R., & Rustam, R. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Menuju Lembaga Pendidikan Unggul, Kompetitif Dan Bermutu.
Sodikin, U., Sa’diyah, M., Samsuddin, S., & Iskandar, I. (2024). Nilai-Nilai Islami dalam Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Pendidikan Berbasis Perilaku. CONS-IEDU, 4(2), 356–367.
Talib, T. A., Embong, R., Abdullah, R. T., Talib, M., Ismail, F., Sulaiman, R., & Noor, M. (2017). Philosophical Foundations and their Implications on the Islamic Education. Retrieved from https://consensus.app/papers/philosophical-foundations-and-their-implications-on-the-talib-embong/ae8ea30ad9235d01b3a858676751788f/
Wantu, H. M., Mobonggi, A., Mala, A. R., Munirah, M., & Pratiwi, W. (2023). The Contribution of Islamic Boarding Schools In Advancing Islamic Education In Indonesia (Case Study of Al Huda Islamic Boarding School Gorontalo). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).
Wijayanti, D. (2024). Filsafat ilmu dalam perspektif pendidikan Islam. PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 3(3), 104–116.
Zaini, F. M., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi nilai Qur’ani dan Hadits dalam kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Innovation In Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.