Implementasi Evaluasi Portofolio Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 3 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.828Keywords:
Portofolio Evaluation, Assessment Rubric, PAI TeacherAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran portofolio di SMP Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu wawancara dengan guru PAI inisial U. Wawancara dilakukan dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan kajian penelitian ini kemudian disampaikan kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMP Negeri 3 Surakarta telah melakukan kegiatan evaluasi portofolio. bentuk dari kegiatan evaluasi portofolio meliputi praktek bab yang menjadi materi pembelajaran diskusi antar kelompok dan portofolio tugas-tugas yang diberikserta tugas khusus yang dilakukan. Evaluasi yang dilakukan melalui rubrik penilaian yang sudah dibuat serta tugas khusus yang dilakukan guru PAI yaitu mmebuat daftar pelaksanaan sholat dan mengjadi selama dirumah. Hal ini menjadi penilaian tambahan pada akhir semester yang dapat membantu mendongkrak nilai mata pelajaran PAI. Hambatan yang dialami saat melaksanakan evaluasi portofolio yaitu keteledoran siswa dalam mengerjakan tugas dan terkendalanya durasi persiapan kegiatan praktek PAI.
Kata Kunci: Evaluasi Portofolio, Rubrik Penilaian, Guru PAI.
References
Nikmah, L., & Makhsun, T. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Prsiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humaniora.
Purwaningrum, S., Arifin, S., In’am, A., & Khozin, K. (2021). Inovasi Bahan Ajar Pengayaan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multidisipliner di Sekolah.
Sholihah, S. N., & Dimyati, M. (2023). Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Yayayan Pondok Karya Pembaangunan Sentani. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Syukri F. I. I, Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.
Wasriah. (2009). Metode Penulisan Kaya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Zaini, Herman, & Muhtarom. (2014). Kompetensi Guru PAI. Rafah Press.