Implementasi Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Pertiwi 2 Padang Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Aisyah Qurotul Sabila UIN IB Padang
  • Elvira Darmawanti UIN IB Padang
  • Ulfa Aulia UIN IB Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli UIN IB Padang

Keywords:

Direct learning strategy, Motivation

Abstract

Direct learning strategy is a learning approach that involves the teacher as the main source of knowledge who provides information directly to students. In this strategy, teachers use various techniques such as lectures, demonstrations, and discussions to convey lesson material to students. Research has shown that hands-on learning strategies are effective in improving students' understanding of course material, increasing student engagement, and facilitating the transfer of knowledge to real-world situations. However, there is also criticism of this strategy because it lacks space for students to actively participate in learning. Therefore, teachers need to consider using direct learning strategies wisely and integrating active learning elements to increase learning effectiveness.

 

References

Akrim. 2022. Buku ajar strategi pembelajaran. Jakarta: Umsu Pres

Asmidar Parapat 2020. STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya: Edu Publisher

Awaliah, F. P., Parameswara, M. C., & Rustini, T. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung yang dilakukan oleh Guru dalam Strategi Penyampaian Materi IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10352-10356.

Cahyanti, S. D. KONSEP, PENGGUNAAN, PERBANDINGAN, DAN IMPLIKASI DARI MODEL PEMBALAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION).

Farid Nasrulloh. 2020 EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMAΤΙΚΑ. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Guntur Muh. 2022. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Yoghakarta: SELAT MEDIA PATNERS

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Harahap, M. A. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(3)

Herlina, Elin, Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Makassar: CV Tohar Media

Hermayanti Sitti.2022. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru) Sumber Elektronis GMD. Surabaya: Inoffast Publishing

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10032/7655

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/5652/3592

https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/974/755

https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5489/5128

https://www.researchgate.net/profile/SintaCahyanti/publication/341219582_Konsep_Penggunaan_Perbandingan_dan_Implikasi_Model_Pembelajaran_Langsung_Direct_Instruction_Sinta_Dwi_Cahyanti/links/5eb46a85299bf1287f750b4e/Konsep-Penggunaan-Perbandingan-dan-Implikasi-Model-Pembelajaran-Langsung-Direct-Instruction-Sinta-Dwi-Cahyanti.pdf

Jauharin Ummu Farda, Dkk. 2023. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD/MI (Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS). Semarang: Cahya Ghani Recovery

Karwono dan Irfan Achmad Muzni. Strategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers

Kharani, K. (2018). PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 119-129.

Maulana Asep. 2023. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT Bumi Aksara

NurHasanah Siti. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: EDU Pustaka

Ridwa Abdullah Sani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafin

Rudi Hasrian Setiawan. 2022. Strategi Pembelajaran Lansung (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa). Medan: Redaksi

Trinova Zulvia. 2020. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banten: CV. AA RIZKY

Umran Muh, Dkk. 2023. Strategi Manajemen Humas Dalam Konsep Teoritis. Pasaman Barat: CV Azka Pustaka

Yanti, W. (2019). Penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon tahun pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115-120.

Published

2024-06-21

How to Cite

Aisyah Qurotul Sabila, Elvira Darmawanti, Ulfa Aulia, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Pertiwi 2 Padang Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 17–25. Retrieved from https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/1358

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)