Mempraktikkan Pembelajaran yang Bernuansa Paikemi

Authors

  • Baidah Baidah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Damilsi Hijaya Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Ummul Rahmah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Nur Salwa Harahap Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1371

Keywords:

PAI learning, PEIKEMI strategy

Abstract

The PAIKEMI approach in PAI learning allows students to experience a meaningful learning transformation and have a positive impact. This strategy allows students to relate Islamic teachings to their daily life experiences, increase holistic understanding, awaken creativity, connect Islamic values with practical actions, and improve critical and analytical thinking skills. It is hoped that implementing PAI learning strategies using the PAIKEMI approach can help students not only gain knowledge, but also be able to apply Islamic values in their daily lives in a more effective and meaningful way.

 

References

Adnan, Mohammad. 2017. Urgensi Penerapan Metode Paikem Bagi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajarsn Pendidikan Agama Islam, Jurnal Studi Keislaman. Vol.3 No.1 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=cara+penerapan+paikem+pada+pembelajaran+pai&btnG=#d=gs_qabs&t=1708671598124&u=%23p%3DH7RXr2L3738J

Ais, Ahmad. 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), Journal of Dharmawangsa University. Vol.4 No.1 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kelebihan+pembelajaran+paikem&btnG=#d=gs_qabs&t=1708673417858&u=%23p%3DyM8HHdEwaOoJ

Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbabis PAIKEM,( Aswaja Pressindo: Yogyakarta)

Aziz, Abd. 2010. Orientasi System Pendidikan Agama di Sekolah, Teras: Yoyakarta.

Darwin, M. 2013. Sejarah Peradaban Dan Kebudayaan Islam, STAIN Jurai Siwo Metro: Metro.

Delita dkk ,2022 . Psikologi pendidikan implementasi dalam strategi pembelajaran ( UMSU press : Surabaya)

Fauziah, Neng Sopyah. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik, Islamic Journal of Education. Vol.2 No.1 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kelebihan+dan+kejurangan+paikem&btnG=#d=gs_qabs&t=1708672469090&u=%23p%3DhBjxRqSMm_wJ

Fuady Muhammad Zahlul, 2021. Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19126/

Gagak, Lester D. dan Gagak, Alice. 1956. Pengembangan Dan Pembelajaran, American Book Company: New York.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Hamid, Jabir Abdul. 2000. Ilmu Tafsirul Tarbawi, Darul Nahdatul Arabiyah: Mesir.

Hayati, Salma. 2016. Validitas dan reliabilitas instrumen pengetahuan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (pakem) menggunakan model rasch, Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran. Vol.16. No.2 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+paikemi&btnG=#d=gs_qabs&t=1708775483613&u=%23p%3DJa5HyI4wKf0J

Hidayat Ara,2020. Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan KONSEP Menyenangkan (PAIKEM) , Vol.5 No.2 https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/10

Kaban Raka Hermawan. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Pakem terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol.5, No.1 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+basicedu+penga%C5%95uh+model+pembelajaran+pakem+terhadap+hasil+belajar+siswa+di+sekolah+dasar&btnG=#d=gs_qabs&t=1708659665431&u=%23p%3DhA0MjCTKeRcJ

Majid, Abdul. dan Andayani, Dian. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi, Rosda Karya: Bandung.

Manurung, Abert Supriyanto. dkk .2021. Pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta, Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.8 No.1 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+paikemi+menurut+para+ahli&btnG=#d=gs_qabs&t=1708774388814&u=%23p%3D9-JixZYDi94J

Marqiyah, Siti. Hubungan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dengan Kecerdasan Kognitif Siswa Kelas XII MA. Al-Falah, Jakarta.

Matulessy Yulita, 2021. Metode Pembelajaran PAIKEM Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/366

Misnawati dkk,2021. Fropesi Keguruan, (Gupedia : Semarang)

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik Dan Implementasi, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Narno,2021. Model Pembelajaran PAIKEM ( Cv. AZKA PUSTAKA: Jakarta)

Nurdin, Syahidan. 2015. Penerapan Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran IPA di MIN Rukoh, Jurnal Pendidikan. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+paikemi&btnG=#d=gs_qabs&t=1708670336859&u=%23p%3DC0FQcoidqKMJ

Peraturan Mentri Agama Republic Indonesia No. 2 tahun 2008, Tentang Siswa Kompetensi Lulusan Dan Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah.

Rafikasari, Fitriani. 2021. Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol.5, No.5 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+basicedu+penga%C5%95uh+model+pembelajaran+pakem+terhadap+hasil+belajar+siswa+di+sekolah+dasar&btnG=#d=gs_qabs&t=1708659665431&u=%23p%3DhA0MjCTKeRc

Rejeki, Sudpami. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan), Jurnal Social, Humanities, and Educational Studies. Vol.3 No.3 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+paikemi&btnG=#d=gs_qabs&t=1708670792865&u=%23p%3DxFAndJn41vkJ

Rianti, Ita. Bachri, Saiful. Yuniyanto, Tri. 2016. Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Berbasis Kurikulum 2013 Pada Materi Bani Abbasiyah Kelas XI IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal Candi, Vol.13, No.1.

Sj, Fadli. 2008. Pasang Surut Peradaban Islam Dalam Lintas Sejarah, UIN Malang Press: Malang.

Suharti dkk,2020. Strategi Belajar Mengajar , ( CV. Jakad Media Publishing : Surabaya)

Sumarno, Yuel. 2023. Strategi Paikem Multi Kontekstual Pada Pembelajaran Pak di Sekolah, (CV. Selfietera Indonesia : Yogyakarta)

Sunhaji,2022. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah/Madrasah , ( Zahira Media Publisher: Jakarta)

Suryobroto, Bambang. 2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah, PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Yasin Muhammad, 2023. Media Pembelajaran Inovatif ( Memerapkan Pembelajaran Kreatif Untuk Menyongsong Pendidikan di Era Society 5.0),(PT Sonpedia Publishing Indonesia : Jakarta)

Yatim, Badri. 20011. Sejarah Peradaban Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Published

2024-06-24

How to Cite

Baidah Baidah, Damilsi Hijaya, Ummul Rahmah, Nur Salwa Harahap, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Mempraktikkan Pembelajaran yang Bernuansa Paikemi. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 59–79. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1371

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.