Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Dwi Agus Prasetio Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Abdul Khaliq Lubis Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1117

Keywords:

Strategy, Learning, Inquiry

Abstract

Inquiry learning strategies are the main focus in improving students’ collaboration and communication skills in Islamic Religious Education (PAI) learning. From the four studies mentioned, it is proven that the application of the inquiry model has succeeded in increasing students’ active learning, learning outcomes in the subject of moral aqidah, learning motivation, and students’ cognitive and psychomotor learning outcomes. The inquiry strategy not only increases students’ understanding of PAI material, but also encourages the development of collaboration and communication skills between students to achieve a better understanding. Thus, inquiry learning strategies are an effective choice for improving the quality of PAI learning by strengthening students’ social competence in the context of religious learning.

References

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anissatul Mufarrokah. 2009 Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suparman Atwi. 1977. Desain Instruksional. Jakarta: PAU Universitas Terbuka.

Dasim Budimasyah dkk. 2008. Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung Ganeshindo.

Hamzah B. Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdul Majid dan Dian Andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2002. Peradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairimi. 1981. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Zakiah Daradjat. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Joko Sutrisno, (Online: http://www.erlangga.co.id/Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Dalam Belajar Sains Terhadap Motivasi Belajar Siswa, diakses, 07-11-2014).

Jamiels, (Online:http:www.smpn 1 Bantul,net/profil/selayangpandang Strategi inquiry, diakses, 07-11-2014).

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wina SanGrup. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses PendidikanPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT, Remaja Rosda Karya.

Munawar Rahmat. 2018. Penerapan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Makassar: Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Diyanti Asmayanti. 2016. Model pembelajaran inquiry dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Negeri Tebing. Palembang: Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Baiq Widia Nita Kasih. 2015. Penerapan Metode Inquiry pada Mata Pelajaran Fiqih dan dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Putri Narmada. Mataram: Skripsi, IAIN Mataram.

Faridah. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI SMP Aisyiah Singguminasa Kabupaten Gowa. Makassar: Skripsi, UNISMUH Makassar.

Published

2024-05-07

How to Cite

Dwi Agus Prasetio, Abdul Khaliq Lubis, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1117

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)