Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Madrasah (Osim) Di MAS Mafatihul Huda Serdang Batara Kabupaten Tanjung Jabung Barat
DOI:
https://doi.org/10.59841/jurai.v1i3.343Keywords:
Kepemimpinan, Siswa, MadrasahAbstract
Kepemimpinan dalam sebuah organisasi merupakan faktor penting dalam keberhasilan organisasi menuju tujuan yang ditetapkan. Untuk menjawab serta mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam kepemimpinan organisasi di Mas Mafatihul Huda Serdang Batara Kabupaten Tanjung Jabung Barat membutuhkan program pelatihan khusus. Pelatihan yang berguna ini memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam tentang dasar-dasar kepemimpinan. Para pimpinan OSIM dituntut untuk belajar memahami dasar-dasar tentang kepemimpinan sehingga nantinya dalam keseharian memimpin anggotanya bisa memiliki sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam mencapai tujuan organisasi. Disamping itu program ini dilaksanakan untuk membentuk karakter kepribadian dan mengasah soft skill yang mana akan berguna kepada mereka setelah lulus dan masuk ke dalam dunia kerja. Disamping itu program ini dilaksanakan untuk membentuk karakter kepribadian dan mengasah soft skill yang mana akan berguna kepada mereka setelah lulus dan masuk ke dalam dunia kerja. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang dasar-dasar kepemimpinan, dengan pelatihan kepemimpinan ini nantinya diharapkan mampu mendasari para siswa anggota OSIM dalam memahami pengetahuan kepemimpinan dan membina kepemimpinan dalam dirinya.
References
Afrianty, N. K. dan T. W. (2018). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di PT Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(1).
Elisa, E. E. (2011). Permainan (Games) Dalam Bimbingan dan Konseling.
Hariyati. (2016). “Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di PT. Asuransi Tafakul Cabang Yogyakarta.
Kuswandi, I. (2016). Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Model Pendidikan Sebaya (Studi Kasus Di TMI Al-Amien Prenduan Sumenep). LIKHITAPRAJNA, 18(2).
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhajir, A. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Metode Simulasi Pembelajaran PKn Di Kelas VI MIS Nahdhotussibya Kuala Dua.
Noer, M. (2022). Pentingnya Pelatihan Kepemimpinan Atau Leadership Bagi Perusahaan. In Presenta. https://presenta.co.id/artikel/pelatihan- kepemimpinan-perusahaan/
Pedana, O. M. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai Di Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Banten.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.
Rachmawati, I. (2019). Metode Simulasi, Pengertian Hingga Kelemahan.
Rachmi, T. (2015). Pengaruh Permainan Dan Kemampuan Menyimak Terhadap Kemampuan Bercerita. Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).
Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Pustaka Setia.
Shadily, E. dan. (2007). Kamus Bahasa Inggris-Indonesia. Pustaka Amani. Sinura, B. J. (2019). Model Pembelajaran Simulasi.
Sri Anitah, W. dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Di SD. UT.
Sulaefi. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan. 5(1).
Wahyunigsih, R. A. dan T. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Latihan dasar Kepemimpinan Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus Di SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenshp, 3(2).
Waldopo. (1986). Merancang Dan Memanfaatkan Permainan/ Simulasi Sebagai
Media Pembelajaran. UT.
Zainuddin, M. dkk. (2018). Peningkatan Eksistensi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Se Kota Pekanbaru Melalui Konsep Manajemen dan Kepemimpinan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2)