Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Inpres Batang Kaluku Kabupaten Gowa

Authors

  • Nursyafika Nursyafika Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrah Nasrah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amri Amal Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.208

Keywords:

Interest, Science learning outcomes, Torso Media

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the use of Torso Media on the Interests and Learning Outcomes of Science Students in Class V SD Batang Kaluku, Gowa Regency. This type of research is Pre-Experimental Design research. The sample in this study were 19 students. Data collection techniques were carried out using questionnaires, learning achievement tests and observation sheets. The data analysis technique in this study is a descriptive data analysis technique and the T-Test.The results showed that (1) students' interest in learning science before the implementation of torso media was generally in the less interested category and student learning outcomes were in the pretest with an average score of 45.7. (2) Students' interest in learning science after implementing the torso media increased to an interested category and student learning outcomes in the posttest with an average score of 86.8. (3) The results of the t-test analysis on the effect of the torso media on both interest and on the learning outcomes of student participants show the result that the significance value obtained is good for the first hypothesis, namely the effect of torso media on learning interest (Sig = 0.000) and the second hypothesis, namely the influence of the media torso on learning outcomes (Sig = 0.011) is smaller than the specified alpha value of 0.05 (0.000 <0.05 and 0.011 <0.05).

References

Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Azhari, A. 2015. Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/586

Anggraeni, V.D. 2015. Laporan Umum Praktik Kerja Lapangan PT. IndoAcidatama Tbk, Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar. Yogyakarta: Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan.

Arfiyani, Y.A., Haryono., dan Mulyani, B. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. JurnalPendidikanKimia,3.(https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3312)

Agung, Leo, Nunuk Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Solo: UPT Penerbitan danPercetakanUNS (UNS Press).

Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Falahuddin, A. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatria Fita Listari. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia.(https://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2BS/article/download/158/150).

I Wayan. 2018. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Indriana, Dina. 2019. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press.

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal PemikiranIslam.(https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310).

Mikarsa, H. L., dkk. 2017. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muslich. 2017. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasrah, A. Muafiah. 2020. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (2), Oktober 2020 (207-213). (https://index.pkp.sfu.ca/index.php/record/view/2248869).

Pratiwi, K. D., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. 2013. Pemanfaatan Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N0 2 Paket Agung Singaraja. Jurnal Pendidikan Ganesha, Vol1,No(1).(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1463).

Rusman. 2019. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sakrani, Halidjah, S., & Margiati, K. Y. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunadaksa Menggunakan Media Torso. Jurnal PGSD Universitas Tanjungpura, Vol 2 No 3. (https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2436).

Samriani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 2. (https://media.neliti.com/media/publications/112282-ID-penerapan-pendekatan-contextual-teaching.pdf)

Subali Bambang dan Paidi. 2020. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarwan, Damin 2013. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutirman, 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah dasar. Jakarta.Indeks

Sardiman A. M 2016 . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N, Rivai, A. 2018. Media Pengajaran. Cetakan ke-12. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.

Tirtahardja. 2015. Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2015. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.

Yusuf, Ahmad Dkk. 2015. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Nursyafika Nursyafika, Nasrah Nasrah, & Amri Amal. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Inpres Batang Kaluku Kabupaten Gowa. Journal Innovation In Education, 1(3), 63–75. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.208

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.