Transformasi Karakter Religius Remaja Melalui Pendidikan Keagamaan di Masjid Siti Watiah
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.3017Keywords:
Tranformasi, Karakter Religius, RemajaAbstract
Artikel ini mempunyai tujuan (1) untuk mengetahui tentang bagaimana aktivitas religius remaja di masjid siti watiah, (2) untuk memahami serta mengetahui apa saja nilai-nilai karakter religius yang diadakan di masjid siti watiah. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada para remaja masjid siti watiah. Pada hasil penelitian ini Pada hasil penelitian ini menampilkan bahwa kegiatan religius yang dilaksanakan di masjid tersebut yaitu kegiatan majelis taklim yang diadakan setiap satu minggu sekali sangat berdampak atas meningkatnya karakter religius terhadap remaja masjid siti watiah yang dapat dilihat perilaku para remaja lebih aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Adapun untuk kegiatan keagamaan ini dilaksanakan secara rutin satu munggu sekali
References
Afifah, S. F., Utomo, S. T., Azizah, A. S., & Maduerawae, M. (2022). Pembinaan Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan RISMA (Remaja Islam Masjid). JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(2), 85–95.
Ahsanul Anam, A. A. A. (2024). Filsafat Pendidikan Islam (Konsep Berpikir Berlandaskan Ajaran Islam) (1st ed.). academia publication.
Amir Daus. (2022). Pendidikan Agama Islam (Buku Ajar PTAI & Umum). PT. Indragiri Dot Com.
Arif, K. M., & Lilalamin, N. R. (2021). ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN FROM SOCIAL AND CULTURAL PERSPECTIVE ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM Pustaka dan analisa referensi-referensi ilmiah terkait Islam rahmatan lil. 12(2), 169–186. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1376
Ashari, M. K., Faizin, M., Yudi, U., Aziz, Y., Irhami, H., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2023). KONSTRUKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK. 6(2), 113–128.
Bambang Triyono, & Elis Mediawati. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Islam melalui Pendidikan Pesantren : Implementasi dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(1), 147–158. https://doi.org/10.62504/jimr403
Di, R., Rw, L., & Tangerang, K. (2021). PENGELOLAAN DEWAN KEMAKMURAN MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KARAKTER.
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius , Gemar Membaca , dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. 76–82.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Karakter, P., & Akhlaq, B. (2020). Pendidikan karakter berbasis akhlaq. 16, 69–81.
Mesiono, Arsyad Junaidi, Nasution Sakholid, Susanti Eka, & Daulay Hamidah Sholihatul. (2017). STRATEGI GURU PAI DALAM MENGOPTIMALKAN MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 06 MEDAN. Tarbiyah, 24(Juli-Desember 2017), 351–370. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/229/217
Mutaqin, muhammad azhari. (2019). NILAI-NILAI AKTIVITAS SOSIAL RELIGIUS MAJELIS TAKLIM DI MASJID AR-RAUDHAH SUNGAI ANDAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS.
Nurhaliza, S. (2024). Integrated Education Journal Volume 1 Nomor 1 Juni ( 2024 ) E-ISSN XXXX-XXXX Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral dan Sosial Siswa Integrated Education Journal Volume 1 Nomor 1 Juni ( 2024 ) E-ISSN XXXX-XXXX. 1, 1–21.
Prahastiwi, E. D., & Wahyuningsih, D. (2022). PERAN MASJID DALAM PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Kasus di Masjid Besar Baitus Shomad Tegalombo Pacitan). 2, 253–262.
Qadaruddin, Q., Nurkidam, A., & Firman, F. (2016). Peran Dakwah Masjid dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 10(2), 222–239. https://doi.org/10.15575/idajhs.v10i2.1078
Supriyadi, A. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid (Studi Kritis Pasal 53, 54, Dan 55 Pp. Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanakaan Uu Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat). An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 210–229. https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.210-229
Syafrin, Y., Kamal, M., Husni, A., & Bukittinggi, N. I. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2(1), 72–77.
Wina Sanjaya. (2013). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan. Kencana.
Yusuf Al-Qardhawi. (2000). Tuntunan membangun masjid (1st ed.). Gema Insani Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.