Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i1.2209Keywords:
Environment, school, Results, LearningAbstract
The school environment is one of the important factors that affect the student learning process. This study aims to analyze the influence of the school environment on the quality of student learning. The school environment includes the physical, social, and psychological conditions that students face while at school. Factors such as learning facilities, classroom atmosphere, interaction with teachers, relationships with peers, and emotional support from school residents have a significant role in motivating and improving student achievement. The results of the study show that a positive and conducive school environment can increase student motivation, concentration, and academic achievement. On the other hand, a less supportive environment can hinder academic development and decrease students' interest in learning. Therefore, it is important for schools to create a learning environment that is comfortable, supportive, and encourages students to achieve optimal results in learning.
References
Aisyah, N., & Fatimah, N. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IX SMP Negeri 2 LANRISANG. Jurnal Lansirang, 2(1), 80-124.
Akmal, D. K., Darmawan, D., & Wardani, A. (2015). Manajemen pendidikan. IntiPresindo Pustaka.
Al Madury, Z. Q. A. S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter peserta didik setingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 87-101.
Andayani, D., & Darmawan, D. (2004). Pembelajaran dan pengajaran. IntiPresindo Pustaka.
Anggreani, S., Melinda, C., & Aida, W. (2023). Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Bakoba: Journal of Social Science Education, 1(2), 1-14.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Bintarini, M., & Lasmawan, I. W. (2013). Determinasi pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap gaya belajar dan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara. Disertasi, Ganesha University of Education.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard University Press.
Dalyono, M. (2010). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan literasi sekolah sebagai solusi peningkatan minat baca pada anak sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains dan Tekhnologi, 10(1), 311-328.
Fitriyah, F., Mashudi, M., & Buwono, S. (2013). Lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), 3-10.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Bumi Askara.
Ismail, F. (2016). Pengantar evaluasi pendidikan. Karya Sukses Mandiri.
Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1), 70-80.
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh fasilitas belajar, gaya mengajar guru, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa MTs NW Kotaraja Lombok Timur, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3), 1890-1909.
Khasanah, I. I., & Setiawan, D. (2022). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui lagu penguatan pendidikan karakter. Jurnal Basicedu, 6(5), 8529-8536.
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207.
Martina, Khodijah, N., & Syarnubi. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2004). Manajemen berbasis sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Muslih, M. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 SDN Limbangan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 41-50.
Napitupulu, F. B. E., Butar, I. P. B., & Sianipar, H. H. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Pematang Siantar. Journal Sains Student Research, 1(2), 602-614.
Nulhakim, L., & Maulida, N. (2015). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMP N 2 Cikande dalam konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. EDUSAINS, 7(1), 27-35.
Nuraini, N., Ridhwan, M., & Azwir, A. (2020). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi ajar interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biology Education, 8(2), 74-81.
Rafsanjani, M. Z., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di tingkat MTs. Islamentary: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 69-82.
Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa sekolah menengah atas. Journal of Early Childhood an Islamic Education (JOECIE), 3(1), 111-127.
Sabrina, S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP sederajat. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(1), 266-276.
Sauddeinuk, A., Jolianis, & Sumarni. (2017). Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 5(2), 134-142.
Sihaloho, R., & Sihombing, S. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Siantar TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5), 262-268.
Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., & Sitanggang, N. C. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan tahun pelajaran 2022/2023. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628-633.
Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian evaluasi. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 166-178.
Syah, M. (2013). Psikologi belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan paikem. Bumi Aksara.
W. I. S. P., & Ramdaniah, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal TEDC, 14(1), 104-107.
Winei, A. A. D., Ekowati, E., Setiawan, A., Jenuri, J., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak lingkungan sekolah terhadap hasil belajar dan kesehatan mental siswa. Journal on Education, 6(1), 317-327.
Yana, E., & Jayanti, R. P. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.