Penggunaan Media Berbasis Hands-on Activity untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MI Manbail Futuh Jenu

Authors

  • Maulidya Lailatul Fa'idah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban
  • Rizki Afandi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban
  • Ahmad Roghibus Sunan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban
  • Misbahul Huda Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban

DOI:

https://doi.org/10.59841/blaze.v3i3.3018

Keywords:

Hands-on activity, Learning interest, Media

Abstract

This study is motivated by the low learning interest of students at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Manbail Futuh Jenu due to conventional teaching methods that are less engaging. The purpose of this research is to develop and implement hands-on activity-based learning media and to evaluate its effectiveness in increasing students’ learning interest. The method used is qualitative research with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results show that hands-on activity-based media significantly improve students’ learning interest, conceptual understanding, and critical thinking skills. Students become more enthusiastic, active, and independent in the learning process. Despite challenges such as limited tools and time, this media positively impacts the teaching and learning process. The implications emphasize the importance of developing interactive and practical learning media, along with the need for facility support and teacher training to optimally implement hands-on activities at MI. Thus, hands-on activity-based media can be an effective strategy to enhance the quality of education at the Madrasah Ibtidaiyah level.

References

Andriani, D., Afas, M. Z., Irawan, I., & Rofiqah, A. (2024). Pengaruh media LKPD interaktif berbasis Liveworksheet terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(2), 79–86.

Fathir, M., & Sabrun, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.58258/jime.v1i2.133

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi model pembelajaran pada siswa di sekolah dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Haryani, L. D. (2018). Pengaruh penggunaan metode hands-on activity terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di Raudatul Athfal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(9), 741–752.

Jala, W. (2024). Penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan pemahaman konsep fiqih mawaris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 149–162.

Kartono. (2022). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1), 21–32.

Khusna, L., & Septikasari, Z. (2025). Analisis penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SDN Gedongkuning. Cendekia Pendidikan, 12(2), 1–7. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Nisa, F., & Zuhriyah, A. (2020). Penerapan model pembelajaran hands-on untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 324–329.

Sitompul, J. N. (2018). Pengaruh hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada SMPS Methodist Tanjung Morawa. Jurnal Eduscience, 5(2), 11–13. https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.926

Suparlan. (2020). Peran media dalam pembelajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796

Sutinah, C. (2022). Pengaruh pembelajaran hands-on dan virtual lab terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. Journal of Elementary Education, 5(3), 3.

Syafira, P., Novaliza, S., Sulistianingsih, R., Restaryy, T. I., & Lasha, V. (2024). Evaluasi penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar. (n.p.)

Tarigan, V. L. B., & Tarigan, R. M. B. (2023). Pengaruh model pembelajaran hands on activity terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan tahun ajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional PSSH, 2, 1–9.

Widyastuti. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keaktifan dan minat belajar pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, (2021), 2092–2097.

Yandari, I. A. V., Nindiasari, H., Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan bahan ajar terstruktur untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merancang media hands on activity serta lembar kerja eksploratif pendamping. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2983

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Maulidya Lailatul Fa’idah, Rizki Afandi, Ahmad Roghibus Sunan, & Misbahul Huda. (2025). Penggunaan Media Berbasis Hands-on Activity untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MI Manbail Futuh Jenu. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 3(3), 242–254. https://doi.org/10.59841/blaze.v3i3.3018

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.