Kedwibahasaan pada Siswa SMP dan Dampaknya terhadap Proses Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59841/blaze.v3i2.2750Keywords:
Bilingualism, Middle School Children, LearningAbstract
Bilingualism of Junior High School Children and Its Implications for Indonesian Language Learning. This research seeks to explore how much interaction takes place between a child’s native language and their second language in junior high school students. The phenomenon of using multiple languages (bilingualism) is observed not just in informal settings, but it also extends into formal environments. This practice leads to children experiencing difficulties in differentiating between languages.
References
Angelica, A., Febrina, F., & Laura, T. (2024). Fenomena kedwibahasaan pada masyarakat tutur perbatasan Batak Simalungun–Batak Toba: Kajian sosiolinguistik di Kabupaten Simalungun. [Nama Jurnal jika ada], [volume], 8915–8921.
Apriyanti, R., Suhendar, D., & Endahwati, S. (2015). Jurnal Kata (bahasa, sastra, dan pembelajarannya). Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2587, 1–12.
Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran penggunaan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam komunikasi keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2), 28–40. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811
Divina, A. T., Lestari, D., & Munandar, A. (2022). Hubungan antara bilingualisme dengan kemampuan bahasa reseptif pada anak kelas 2 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Leuweunggajah Cirebon. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 1(1), 12–24.
Johan, G. M. (2018). Profil kedwibahasaan siswa sekolah dasar kelas VI SDN 1 Miri Kabupaten Ponorogo. Tunas Bangsa, 5(1), 12–20.
Kholidah, N., Hidayat, A., & Jamaludin, A. (2023). Kajian etnosains dalam pembelajaran IPA untuk menumbuhkan nilai kearifan lokal dan karakter siswa SD melalui sate bandeng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 43(4), 342–346.
Nurjanah, N., & Srihilmawati, R. (2023). Kedwibahasaan kelompok dewasa (Studi deskriptif terhadap masyarakat Blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon). Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 106–114.
Nyoman, N., Andayani, Y., & Hartanto, A. (2025). Analisis program bilingual dalam perkembangan bahasa Inggris KG 1 di Kiddos Preschool. 1, 22–33.
Panjaitan, N. A. S., Rahmawati, D., & Mulyani, E. (2023). Studi pustaka: Konsep bilingualisme dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Education, 5(2), 3788–3795. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1061
Prodi Pendidikan, R., Sari, R., & Amelia, R. (2023). Analisis bilingualisme artis papan atas dalam podcast “Kuliah ke luar negeri itu perlu gak sih?”: Kajian sosiolinguistik.
Rahim, A., Pratama, D., & Syamsuddin, H. (2024). Analisis tingkat bilingualisme penutur bahasa Makassar di Ambon. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 1120–1133.
Rahmi, S., & Syukur, M. (2023). Analisis penggunaan bahasa daerah dan lemahnya kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa SD No. 249 Tunrung Ganrang. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(2), 131–139.
Ramaniyar, E., & Alimin, A. A. (2020). Pendekatan kedwibahasaan dalam pengajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 118–122.
Rina, A., Triyadi, S., & Maspuroh, U. (2023). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.
Rizki, A. B., & Al Fajri, M. S. (2021). Acquiring English then reacquiring Indonesian: A study of family language policy. The Qualitative Report, 26(8), 2444–2466.
Sikumbang, M., & Kartolo, R. (2023). ALACRITY: Journal of Education, 1, 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 BLAZE : Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.