Identifikasi Bakteri Eschericia coli Pada Ikan Tongkol Asap Yang Dijual Di Pasar Induk Kabupaten Batang

Authors

  • Fitria Alaina Universitas Pekalongan
  • Nila Oktaviani Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.59841/jumkes.v2i1.836

Keywords:

Eschericia coli, Ikan tongkol asap, uji kuantitatif

Abstract

Ikan tongkol asap merupakan salah satu produk makanan olahan yang dijual di pasar induk Kabupaten Batang. Dalam proses menyajikan dagangan yang tidak higienis dapat menyebabkan ikan tongkol asap terkontaminasi bakteri. Bakteri Eschericia coli merupakan bakteri patogen yang dapat tumbuh akibat lingkungan yang tercemar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya cemaran Eschericia coli pada ikan tongkol asap yang dijual di pasar induk Kabupaten Batang. Metode penelitian yang dilakukan adalah observasional deskriptif, dimana data diperoleh dari hasil analisa kuantiatif terhadap cemaran bakteri Eschericia coli dalam sampel berdasarkan Most Probable Number (MPN). Sampel penelitian berupa empat sampel ikan tongkol asap yang diperoleh dari keempat penjual berbeda. Dilakukan pengenceran pada 20 g/sampel ikan tongkol asap dengan aquadest steril dan dilakukan uji pendugaan menggunakan media Lactose Broth (LB), uji penegasan menggunakan media Brilliant Green bile Lactose Broth (BGLB). Hasil penelitian menunjukan sampel ITA 1, ITA 3, dan ITA 4 tidak memenuhi syarat kadar maksimum Eschericia coli dalam makanan yaitu < 3 /g sampel, sedangkan sampel ITA 2 memenuhi syarat kadar maksimum Eschericia coli dalam makanan yaitu < 3 /g sampel.

References

Djuhanda, T. (1981). Dunia Ikan. ARMICO.

Fardiaz, S. (1992). Mikrobiologi Pangan I. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jeujanan, S. (2022). Identifikasi Bakteri pada Ikan Asap yang Dipasarkan di Pasar Pharaa Kabupaten Jayapura. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 6, 239–246.

Karsinah, M, L. H., Suharto, & W, M. H. (1994). Buku Ajar Mikrobiologi Kedokteran (Revisi ed.). Binarupa Aksara.

Ningrum, K. R., Rastina, & Abrar, M. (2021). Deteksi Cemaran Eschericia coli pada Ikan Patin Asap (Pangasius sutchi) Di Desa Koto Masjid Kabupaten Kampar, Riau. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner, 5, 62–67.

Radji, M. (2020). Buku Ajar Mikrobiologi Panduan Mahasiswa Farmasi Dan Kedokteran. EGC.

Rifta, R., Budiyono, & Darundiati, Y. H. (2016). Studi Identifikasi Keberadaan Eschericia coli pada Es Batu yang Digunakan Oleh Pedagang Warung Makan Di Tembalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4, 176–185.

Sirait, J., & Saputra, S. H. (2020). Teknologi Alat Pengasapan Ikan Dan Mutu Ikan Asap. Jurnal Riset Teknologi Industri, 14, 220–229.

SNI. (2009). Batas Maksimum Cemaran Mikroba dalam Pangan. Dewan Standarisasi Nasional.

Swastawati, F. (2018). Teknologi Pengasapan Ikan Tradisional. Intimedia.

Volk, W. A., & Wheeler, M. F. (1990). Mikrobiologi Dasar (P. S. Adisoemarto (ed.); 5th ed.). Penerbit Erlangga.

Wafi, A., Rahwan, & Soeprapto, H. (2021). Potensi Hasil Tangkapan Perikanan Laut Di Kabupaten Batang. Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 6, 21–28.

Wibisono, F. J. (2015). Potensi Eschericia coli Sebagai Foodborne Zoonotic Disease. Jurnal Vitek Bidang Kedokteran Hewan, 5.

Yusmaniar, Nida, K., & W. (2017). Mikrobiolodi dan Parasitologi. Kementerian Kesehatan RI.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Alaina, F., & Nila Oktaviani. (2024). Identifikasi Bakteri Eschericia coli Pada Ikan Tongkol Asap Yang Dijual Di Pasar Induk Kabupaten Batang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Kesehatan, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.59841/jumkes.v2i1.836

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.