Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Produk Halal Melalui Pemecahan Kasus (Case Method) Halal Value Chain Kota Jambi

Authors

  • Heni Pratiwi Universitas Jambi
  • Lucky Enggrani Fitri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.735

Keywords:

Pemecahan Kasus (Case Method), Halal Value Chain, PjBL (project based learning)

Abstract

Dalam mata kuliah Manajemen Produk halal,  Model pemecahan kasus (case method) merupakan model paling tepat untuk meningkatkan kualitas partisipasi kelas dalam pemecahan pembelajaran. Hal ini akan menjadikan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dapat menggali masalah dalam industri halal, serta menganalisis kasus yang dialami dalam kasus (case method) halal value chain UMKM di kota jambi, yang kemudian akan dibahas dalam kelas. Model penggalian berbasis masalah, sangat tepat untuk melatih kemampuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan memecahkan masalah. Nilai akhir dari proses pembelajaran  menunjukkan bahwa Studi Kasus Halal Value Chain sangat berhasil, dan tidak ada siswa yang gagal selama mengerjakan model PJBL.

References

Creswell, J. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson Education, Inc.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press

Maslahah, W., & Rofiah, L. (2022). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Project Based Learning di dalam Perkuliahan Sejarah Lokal. URNAL ILMU PENDIDIKAN, 7.

Nugraheni. (2012). Penerapan strategi cooperative learning dalam pembelajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Saerozi. ( 2017). Pengaruh Media Pembelajaran PJBL Berorientasi Ecopreneurship Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi System Pengelasan Di Sekolah Menengah Kejuruan. . Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 17(1).

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 8 No. 3, 253-263.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.

Vebrianto, R. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Riau: Dorplus Publisher.

Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Heni Pratiwi, & Lucky Enggrani Fitri. (2023). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Produk Halal Melalui Pemecahan Kasus (Case Method) Halal Value Chain Kota Jambi. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 348–351. https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.735

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.