Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Produk Halal Melalui Pemecahan Kasus (Case Method) Halal Value Chain Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.735Keywords:
Pemecahan Kasus (Case Method), Halal Value Chain, PjBL (project based learning)Abstract
Dalam mata kuliah Manajemen Produk halal, Model pemecahan kasus (case method) merupakan model paling tepat untuk meningkatkan kualitas partisipasi kelas dalam pemecahan pembelajaran. Hal ini akan menjadikan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dapat menggali masalah dalam industri halal, serta menganalisis kasus yang dialami dalam kasus (case method) halal value chain UMKM di kota jambi, yang kemudian akan dibahas dalam kelas. Model penggalian berbasis masalah, sangat tepat untuk melatih kemampuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan memecahkan masalah. Nilai akhir dari proses pembelajaran menunjukkan bahwa Studi Kasus Halal Value Chain sangat berhasil, dan tidak ada siswa yang gagal selama mengerjakan model PJBL.
References
Creswell, J. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson Education, Inc.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press
Maslahah, W., & Rofiah, L. (2022). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Project Based Learning di dalam Perkuliahan Sejarah Lokal. URNAL ILMU PENDIDIKAN, 7.
Nugraheni. (2012). Penerapan strategi cooperative learning dalam pembelajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Saerozi. ( 2017). Pengaruh Media Pembelajaran PJBL Berorientasi Ecopreneurship Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi System Pengelasan Di Sekolah Menengah Kejuruan. . Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 17(1).
Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 8 No. 3, 253-263.
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.
Vebrianto, R. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Riau: Dorplus Publisher.
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book.