Analisis Pengaruh Kecepatan, Akurasi, dan Biaya Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan

Studi Kasus CV Konita Agro Putra

Authors

  • Alam Abdul Salam Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Wirawan Widjanarko Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i3.1636

Keywords:

Speed, Accuracy, Shipping Costs, Customer Satisfaction

Abstract

This research aims to research, test and assess the influence of the independent variables Speed, Accuracy and Delivery Costs on the dependent variable customer satisfaction for products from CV Konita Agro Putra. The sample for this research was 110 customers who had used products from CV Konita Agro Putra. This type of research uses a quantitative approach. Data was collected directly from respondents using research instruments in the form of questionnaires via Google Form and purposive sampling techniques. then the data results are processed using the SPSS 24 data processing application. The results of this research prove that there is a significant and positive influence of Delivery Speed on Customer Satisfaction, there is a significant and positive influence of Delivery Accuracy on Customer Satisfaction, there is a significant and positive influence of Delivery Costs on Satisfaction Customers, there is a simultaneous influence between Delivery Speed, Delivery Accuracy and Delivery Costs significantly and positively on Customer Satisfaction.

References

Anggraeni, O. D. (2024). Pengaruh tarif dan kecepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan e-commerce. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 783-793.

Arofah, I., & Arofah, I. (2021). Optimasi biaya distribusi barang dengan menggunakan model transportasi. JMT: Jurnal Matematika Dan Terapan, 1-9.

Asiyah, A. (2021). Pengaruh penilaian produk dan ongkos kirim terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di Kabupaten Ponorogo [Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo].

Balaka, M. Y. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif.

Berliana, P. N. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada JNE Cabang Corolet, Daerah Tangerang Selatan). Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, And Accounting National Seminar), 440-456.

Dewi, N. L. (2019). Pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage, dan rasio profitabilitas terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA).

Huda, T. N. (2023). Pengaruh kualitas layanan, ketepatan waktu pengiriman, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan J&T Grati Pasuruan). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 85-92.

Jamaludin, A. W. (2023). Pengaruh kecepatan pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT Sicepat Ekspres Jati Sampurna di Bekasi. Sosio E-Kons.

Janna, N. M. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Kawasa, A. J. (2020). Pengaruh harga kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman barang JNE (Studi kasus: JNE Cabang Kebon Nanas) [Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta].

Khaerunisa, A., Marhadi, A., Cahyani, R., Maulia, I. R., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023). Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja pada kinerja karyawan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Kurniawan, I. (2023). Pengukuran kinerja variabel source dan delivery dengan menggunakan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR).

Manek, A. R. (2020). Analisa biaya pengiriman dengan direct delivery dan regular delivery melalui distribution center terhadap efisiensi biaya kirim di PT NSVL [Doctoral dissertation, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis].

Masyarakat Kewirausahaan Bidang Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Desa Sriamur, P., Utara, T., Matdio Siahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, B., Bhayangkara Jakarta Raya, U., Raya Perjuangan, J., Mulya, M., & Utara, B. (n.d.). Artikel volume X number X. https://doi.org/10.53276/xxxxx

Mawarni, O. D. (2022). Pengaruh fasilitas sistem pelacakan online, ketepatan waktu pengiriman, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan J&T Express (Studi pada J&T Express Cabang Kota Karanganyar). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 445-450.

Moelin, D., & Moelin, D. (2022). Analisis penyebab misroute dalam pengiriman barang menggunakan metode fishbone di PT. JNE Station Center Gedebage.

Nansi, M. R. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan jasa pengiriman barang. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 317-324.

Nursal, M. F. (2023). Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada jasa transportasi online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 111-118.

Rahmawati, W. A. (2023). Kendala kecepatan pengiriman dan pembelian di e-commerce. Journal Sains Student Research, 944-955.

Rohman, S., & Rohman, S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang Ninja Express di masa pandemi COVID-19. Jurnal Logistik Indonesia, 73-85.

Sada Harahap, K., Kelautan Dan Perikanan Dumai, P., Wan Amir, J., Pangkalan Sesai, K., Dumai Barat, K., Dumai, K., & Riau, P. (2020). Kajian pengendalian mutu produk tuna loin precooked frozen menggunakan metode skala.

Santika, E., Yohanas, A. A., Rahmadiani, R., & Maulia, I. R. (2024). Pengaruh budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (literature review). Trending, 2(1), 187-199. https://doi.org/10.30640/trending.v2i1.1938

Sari, V. N. (2019). Pengaruh gratis ongkos kirim, diskon, dan iklan Shopee terhadap keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta [Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha].

Setiawan, R. (2023). Sistem pendukung keputusan pemilihan layanan pengiriman barang menggunakan metode simple additive weighting. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 155-163.

Siahaan, M., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Bhayangkara, U., Raya, J., Raya Perjuangan, J., Mulya, M., & Utara, B. (2020). Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor. Edisi Khusus (Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Simatupang, L. N. (2020). Pengaruh kualitas jasa, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. JNE (Studi kasus pada PT. JNE Tomang 9 Jakarta Barat). Jurnal Manajemen, 23-32.

Sudiantini, D. F. (2023). Pengaruh penerapan teknologi terhadap peningkatan efisiensi jasa pengiriman barang dalam manajemen logistik PT JNE Express. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 120-130.

Sulistyo, J. A. (2022). Analisis keterlambatan pengiriman paket menggunakan metode six sigma di J&T Express DC Sleman Barat Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1453-1468.

Widjanarko, W., & Saputra, F. (n.d.). Analisis keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan terhadap voucher gratis ongkos kirim e-commerce Shopee Indonesia. https://doi.org/10.31933/jimt.v4i5

Widjanarko, W., Raya Jl Raya Perjuangan, J., Mulya, M., Utara, B., & Barat, J. (2020). Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor. Jurnal Kewirausahaan Indonesia, 20(3), 261-268. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Yudiana, I. M. (2020). Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Jurnal Manajemen Indonesia, 70-81.

Published

2024-08-01

How to Cite

Alam Abdul Salam, Wirawan Widjanarko, & Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo. (2024). Analisis Pengaruh Kecepatan, Akurasi, dan Biaya Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus CV Konita Agro Putra. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(3), 283–297. https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i3.1636

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.