Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Witta Perdana Putri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Salma Fauziyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Usamah Ibnu Khair Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i4.1145

Keywords:

Effectiveness, feedback, motivation

Abstract

the article aims to describe (tell) the effectifenes of implementing feedback techniques in increasing student learning motivation. This research uses a library method ( library research ), and is qualitative in nature because the data collected uses textual analisis contained in educational books and journals which relate to feedback techniques in student learning motivation. The results of this research are:firstly in this study we obtained secondly the purpose and function of feedback, and thirdly, feedback techniques in increasing student’s learning motivation.

References

Apruebo, R.A. 2005. Sports Psychology. Manila: UST Publishing House.

Dick, W & Carey, L. 1994. The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins.

Harsono ( 1988). Coaching Dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta : CV. Irwan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Windarsih, C. A. 2016. Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. E-Journal STKIP Siliwangi. Vol.2. No.1. pp.20-29.

Siti,Misbah.2022. Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021, Kota Bima, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI).

Sumarno.2020. Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK. Malang. Jurnal Pinus

Sri,Wening.2012. PEMANFAATAN UMPAN BALIK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PENDIDIKAN KEJURUAN. Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan

La Ode, Muhammad,Sholihin,DkS.2023. SUPERVISI PENDIDIKAN.Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama

Mohamad,Yudiyanto.2024. PEMBANGUNAN MENTAL PENDIDIK BERBASIS KESADARAN DIRI.Pengandaran: PENERBIT INTAKE PUSTAKA

Disadari,Anda,Mattoliang.2022. Pengembangan Pembelajatan Matematika .Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia

Zainal,Rafli.2015. TEORI PEMBELAJARAN BAHASA (Suatu Catatan Singkat).Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca

Jolanda,Tomasou.2020. Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman. Jawa Barat: EDU PUBLISHER

Ali,Mustadi. 2021.Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar.Yogyakarta: UNY Press

Amin.2022. Pembelajaran Kontemporer. Jawa Tengah: PT Gramedia Persada

Asni,Hasanuddin.2022.KONUNKASI KESEHATAN,Jawa barat:cv mega press nusantara

Cindy,kus,Untari.2021.Cara mengajar kreatif Pembelajaran jarak jauh,Jakarta:PT Gramedia

Tiara,Eliza.2019.Strategi Umpan balik sebagai alternatif Strategi Pembelajaran Penerapan dan tantangan,Jurnal Pendidikan bahasa Indonesia

Suardi.2021. Teknik penerapan Umpan balik Dalam proses pembelajaran.jurnal bina ilmu Cendikia

Published

2024-05-15

How to Cite

Witta Perdana Putri, Salma Fauziyah, Muhammad Usamah Ibnu Khair, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(4), 01–13. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i4.1145

Most read articles by the same author(s)