Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran

Authors

  • Putriani Lubis Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Maria Bintang Hasibuan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1114

Keywords:

Concepts, pactors, theory, principle

Abstract

The aim of the research is to help teachers and educators understand how students learn and how to increase the effectiveness of the learning process. By understanding learning theories, teachers and educators can develop effective learning strategies and improve the quality of education. In synthesis, learning theories play an important role in understanding how students process information and how teachers can improve learning effectiveness. Teachers can use various strategies and techniques based on learning theories to improve the quality of learning and student learning outcomes.

References

Abidin, A.Mustika. Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajara (Studi Anak). jurnal an nisa' vol 15 no 1 Juni 2022.

Al- hikmah. 2005. Al- Quran dan terjemahan. Bandung : CV. Penerbit Diponegoro

Al Rasyidin. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Cipta pustaka Media Perintis

Ali, Hasniyati Gani. Prinsip-prinsip pembelajaran dan implikasinya terhadap pendidik dan peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 1. Januari-Juni 2013.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Bahtiar, Abd. Rahman. prinsip-prinsip dan model pembelajaran pendidikan agama islam .Jurnal Tarbawi vol.1.no 2.2016

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Karolina Citra dkk. Analisis Prinsip dalam proses pembelajaran Matematika kelas VII-D SMPN 2 Gudo. Jurnal Gammath, Vol. 07 No. 01. Maret 2022.

Dewi, Nur hayani.2022.teori belajar dan pembelajaran,yogyakarta:CV Gerbang Media Aksara

Halim, Adreas. 2001. Kamus Lengkap 5 Milyar. Surabaya : Sulita Jaya

Karwono & Heni Mularsih. 2018. Belajar dan pembelajaran serta pemanfataan sumber belajar. Depok: rajawali pers.

Muis, Andi Abdul. Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Istiqra’. Vol. I No. 1 September 2013.

Majid, Muhammad Fadhil Alghi Fari dan Suyadi. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal ilmiah bimbingan dan konseling Vol. 1 no. 3 2020.

Nahar, Novi Irawan. ‘Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.,’Dalam Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 1 2016.

NurhayaniDewi Salistina. 2022. Teori Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: gerbang media.

Nugroho, Puspo. 2015. Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Thuful: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 3 No. 2 Juli-Desember.

Mardianto. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung : Ciptapustaka Media Perintis

Muis 2013.Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suyati,Endang Sri & Achmad Zainul Rozikin. 2021. Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Widina Bhakti Persada.

Patty, F. 1982. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya : Usaha Nasional

Prasetyo, Rudy dan Oktaviani Adhi Suciptaningsih. Penerapan Teori Belajar Humanistik. Jurnal Ilmiah Global Education, , vol. 3 no. 2 2022.

wahab, Gusnarib dan Rosnawati. 2021. Teori-teori belajar Dan Pembelajaran. Indramayu Jawa Barat: Adab.

Published

2024-05-07

How to Cite

Putriani Lubis, Maria Bintang Hasibuan, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 01–18. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1114

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)