Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i4.1145Keywords:
Effectiveness, feedback, motivationAbstract
the article aims to describe (tell) the effectifenes of implementing feedback techniques in increasing student learning motivation. This research uses a library method ( library research ), and is qualitative in nature because the data collected uses textual analisis contained in educational books and journals which relate to feedback techniques in student learning motivation. The results of this research are:firstly in this study we obtained secondly the purpose and function of feedback, and thirdly, feedback techniques in increasing student’s learning motivation.
References
Apruebo, R.A. 2005. Sports Psychology. Manila: UST Publishing House.
Dick, W & Carey, L. 1994. The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins.
Harsono ( 1988). Coaching Dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta : CV. Irwan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Windarsih, C. A. 2016. Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. E-Journal STKIP Siliwangi. Vol.2. No.1. pp.20-29.
Siti,Misbah.2022. Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021, Kota Bima, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI).
Sumarno.2020. Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK. Malang. Jurnal Pinus
Sri,Wening.2012. PEMANFAATAN UMPAN BALIK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PENDIDIKAN KEJURUAN. Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan
La Ode, Muhammad,Sholihin,DkS.2023. SUPERVISI PENDIDIKAN.Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama
Mohamad,Yudiyanto.2024. PEMBANGUNAN MENTAL PENDIDIK BERBASIS KESADARAN DIRI.Pengandaran: PENERBIT INTAKE PUSTAKA
Disadari,Anda,Mattoliang.2022. Pengembangan Pembelajatan Matematika .Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia
Zainal,Rafli.2015. TEORI PEMBELAJARAN BAHASA (Suatu Catatan Singkat).Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca
Jolanda,Tomasou.2020. Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman. Jawa Barat: EDU PUBLISHER
Ali,Mustadi. 2021.Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar.Yogyakarta: UNY Press
Amin.2022. Pembelajaran Kontemporer. Jawa Tengah: PT Gramedia Persada
Asni,Hasanuddin.2022.KONUNKASI KESEHATAN,Jawa barat:cv mega press nusantara
Cindy,kus,Untari.2021.Cara mengajar kreatif Pembelajaran jarak jauh,Jakarta:PT Gramedia
Tiara,Eliza.2019.Strategi Umpan balik sebagai alternatif Strategi Pembelajaran Penerapan dan tantangan,Jurnal Pendidikan bahasa Indonesia
Suardi.2021. Teknik penerapan Umpan balik Dalam proses pembelajaran.jurnal bina ilmu Cendikia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.