Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Teknologi Guru Melalui Supervisi Akademik Kreatif di SMP Negeri 4 Pasarkemis Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.274Keywords:
Teacher Technological Literacy Ability, Academic SupervisionAbstract
Entering the 21st century, one aspect that cannot be avoided is the influence of Information and Communication Technology (ICT). All aspects of human life cannot be separated from the influence of ICT, starting from economics, social communication, politics to education. Technology has become a mandatory choice that must be applied in the world of education, not only in the context of education in general but also penetrates education specifically, namely learning. As we know, there are many learning processes that combine technology in them.
References
Edward S. 2006. Total Quality Management In Education (alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoD
Engkoswara. 2010. Adminsitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hadis, A dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Jam’an, S. 2001. Penjaminan Sistem Jaminan Mutu dalam prakter supervise sekolah (Makalah). Bandung: tidak diterbitkan.
Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dirjen Dikdasmen, 1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah, Jakarta: Depdikbud.
Sardiman, AM, 501. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio- subagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalam-meningkatkan-mutu.htm
Syamsul Hadi, (509). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan ada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan
KBBI.1996. Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 507. Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Syaifulhijrah. Pengertian Perilaku, Disiplin, Unsur-unsur Disiplin, Fungsi Disiplin, Jenis-jenis Disiplin. (Online). (Syaifulhijrah.blogspot.com, diakses 1 Maret 2010).
Tu’u, Tulus. 504. Peran Disiplin pada perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 503. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.