Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 1 Tibawa

Authors

  • Charmila Uange Manajemen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Syafrin Ngiode IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.2722

Keywords:

Kepala sekolah sebagai supervisor, Profesionaisme guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru serta mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan supervisi secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun ajaran, mencakup supervisi administrasi dan kelas. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah memberikan umpan balik dan tindak lanjut yang bertujuan meningkatkan kualitas profesional guru. Meski hasilnya positif, peningkatan profesionalisme baru terlihat pada sebagian guru. Beberapa hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan kemampuan guru dalam teknologi, kurangnya metode mengajar yang efektif, serta minimnya fasilitas. Untuk mengatasi hal ini, kepala sekolah melakukan berbagai upaya seperti memberi umpan balik langsung, mengadakan pertemuan ilmiah internal, mengikutsertakan guru dalam workshop dan kelompok kerja guru (KKG) guna menunjang peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan.

References

Amiruddin Siahaan, Rizki Akmalia, Amelia, Khansa Arista Widya Maulida, Nindya Azzahrah, & Yusuf Ali Ahmad Harahap. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Sekolah MIS Parmiyatu Wassa’adah. INNOVATIVE: JournalOfSocialScienceResearch, 3(2), 9435–9446. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Andi Saputra, & Feri Wahyudi. (2019). Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasantri Program Study Pendidikan Bahasa Arab Di Pon-Pes Madarijul ‘Ulum. Prosiding At Ta’dib STIT Pringsewu, 1(1), 2.

Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 321–333. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4413

Darmansah, T. (2023). PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN DAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i1.179

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Manajemen, J. S., & Rabiah, S. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM

Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., Oktaviani, D., & Nasution, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Tiniyyah, A. K., Sugiarto, D., Mutohar, P. M., & Muhajir, A. M. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Dalam Membentuk Madrasah Efektif di Era Global. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.1249

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Uange, C., Luneto, B., & Ngiode, S. (2025). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 1 Tibawa. Journal Innovation In Education, 3(2), 56–68. https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.2722

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.