Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 1 Tibawa
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.2722Keywords:
Kepala sekolah sebagai supervisor, Profesionaisme guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru serta mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan supervisi secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun ajaran, mencakup supervisi administrasi dan kelas. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah memberikan umpan balik dan tindak lanjut yang bertujuan meningkatkan kualitas profesional guru. Meski hasilnya positif, peningkatan profesionalisme baru terlihat pada sebagian guru. Beberapa hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan kemampuan guru dalam teknologi, kurangnya metode mengajar yang efektif, serta minimnya fasilitas. Untuk mengatasi hal ini, kepala sekolah melakukan berbagai upaya seperti memberi umpan balik langsung, mengadakan pertemuan ilmiah internal, mengikutsertakan guru dalam workshop dan kelompok kerja guru (KKG) guna menunjang peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan.
References
Amiruddin Siahaan, Rizki Akmalia, Amelia, Khansa Arista Widya Maulida, Nindya Azzahrah, & Yusuf Ali Ahmad Harahap. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Sekolah MIS Parmiyatu Wassa’adah. INNOVATIVE: JournalOfSocialScienceResearch, 3(2), 9435–9446. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Andi Saputra, & Feri Wahyudi. (2019). Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasantri Program Study Pendidikan Bahasa Arab Di Pon-Pes Madarijul ‘Ulum. Prosiding At Ta’dib STIT Pringsewu, 1(1), 2.
Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 321–333. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4413
Darmansah, T. (2023). PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN DAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i1.179
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397
Manajemen, J. S., & Rabiah, S. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM
Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., Oktaviani, D., & Nasution, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489
Tiniyyah, A. K., Sugiarto, D., Mutohar, P. M., & Muhajir, A. M. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Dalam Membentuk Madrasah Efektif di Era Global. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.1249
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Innovation In Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.