Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema I Sub Tema III Materi Daur Hidup Hewan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas III SDN 104211 Marindal

Authors

  • Rizky Arjuana Ritonga Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Ulian Barus Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1898

Keywords:

STAD Type Cooperative, Animal Life Cycle, Student Learning Outcomes

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in animal life cycle material using the STAD type cooperative learning model for grade III students at SDN 104211 Marindal, this type of research is Classroom Action Research which is carried out in 2 cycles, where each cycle consists of two meeting hours, namely 2 x 35 minutes. Data collection instruments are questionnaires and tests. The data obtained were analyzed using quantitative analysis leading to the calculation of the percentage of completion. Based on data analysis, the use of the STAD method in animal life cycle learning has increased. The results of the questionnaire from cycle I to cycle II increased by 12 (65.65%) with an average of 84.28 and increased in cycle 2 by 21 (93.35%) with an average of 89.33%. Thus, there was an increase of 9 students with a percentage of 27.72%. The conclusions of this study are: (1) The STAD type cooperative learning model can improve science learning outcomes in animal life cycle material. (2) To carry out learning with the STAD type cooperative learning model, teachers must be able to master the material and learning model so that students can be guided more actively.

 

 

References

Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega. (1990). Strategi Belajar Mengajar.

Dimyati dan Mujiono. (2009). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Disma Ariyanti Widodo (Jurnal 2015) yang berjudul “Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionis (STAD) siswa di SMK Negeri 2 Magelang”.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta. Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi

E. Mulyasa. (2011). Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik . (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali.

Jakarta: Kencana.

Jenni Sriana dan Sujarwo (Jurnal 2017) dengan judul Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Jogjakarta: AR- Ruzz Media.

Juliah. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.

Kamila Harahap ( Jurnal 2017) yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievements Divisions (STAD).

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lisa Septia Dewi Br Ginting dan Rosmilan Pulungan ( Jurnal 2020) yang berjudul Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot.

Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam, Medan:Perdana Publising.

Mardianto. (2013). Panduan Penulisan Skripsi, Medan: IAIN Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Model Stad dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual.

PERMENDIKNAS NO. 41 Tahun 2017 Standar Pendidikan Nasional Tentang Tugas Dan Kewajiban Guru.

Rakhmawan, dedi, Julianto. (2014). Penerapan model kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil pada sekolah dasar. Vol. 02, no.03.

Rochiati Wiratmadja. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada. Salim dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi Bagi

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan.

Sardiman (2007). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto, (2001). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sucie Nuryani. (2018). Penerapan Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Membuat Peta Konsep Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Tekanan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala (2009).Konsep dan Makna Pembelajaran : Alfabeta.

Tanti Jumaysaroh Siregar (Jurnal 2017) dengan judul Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD SMP Swasta Al-Maksum Percut Sei Tuan

Tia Handayani ( Jurnal 2017) dengan judul Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas VIIC SMP Rahmat Islamiyah Medan

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1).

Downloads

Published

2024-10-18

How to Cite

Rizky Arjuana Ritonga, & Ulian Barus. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema I Sub Tema III Materi Daur Hidup Hewan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas III SDN 104211 Marindal. Journal Innovation In Education, 2(4), 125–151. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1898